WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Amin, Kades Terpilih Desa Benteng : Gugatan Dari Paslon 01 Terkesan Mengada ada.

Thursday, January 07, 2021 | January 07, 2021 WIB Last Updated 2021-01-07T15:48:45Z


PORTALBUANA.COM - MERANGIN. Kabupaten Merangin baru saja melakukan Pemilihan Kepala Desa Serentak pada tanggal 29 Desember 2020  sebanyak 20 Desa, salah satu Desa  yang melakukan pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Sungai Manau adalah Desa Benteng dan dimenangkan oleh Paslon Nomor urut 02.


Kemenngan Amin, dibuktikan dengan C1 Plano dari Panitia Pemilihan Kepala Desa Benteng Kecamatan Sungai Manau dan Data tersebut juga sudah direkap dan ditanda tangani oleh Dinas DPMD Merangin tertanggal 29 Desember 2020.


Alhasil Data Kemenangan dalam Kontestasi tersebut dimenangkan oleh Calon nomor urut 02 (Amin).


Dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Benteng Kecamatan Sungai Manau mulai dari pemungutan suara sampai pada penghitungan suara baik di TPS 01dan TPS 02 telah berjalan dengan aman damai dan Kondusif tanpa ada menuai Protes dari masing-masing Paslon atau dari saksi Paslon.07/01/21


Hal senada juga disampaikan oleh salah satu masyarakat Desa Benteng, mengatakan bahwa proses pelaksanaan pemilihan dan penghitungan suara tidak bermasalah dari masing masing calon.


,,waktu berlansungnya pemilihan dan proses penghitungan suara semua pihak menerima bahkan sudah ditanda tangani oleh seluruh panitia bersama saksi,,ujarnya.


Tapi setelah dilakukan perhitungan suara dan hasilnya telah dituangkan dalam C1 bahwa pemilihan tersebut dimenangkan Paslon nomor urut 02.


menurut keterangan dari saksi calon no.02 setelah dilakukan penghitungan suara tiba tiba ada protes dari pihak calon nomor urut 01, dengan menyodorkan surat kesepakatan yang dibuat oleh calon nomor 01, isi surat tersebut yang berbunyi diantaranya kedua belah pihak sepakat tentang kategori surat suara sah,,hanya dicoblos dalam dikotak nomor dan nama calon, namun surat yang ditanda tangan tersebut tertanggal 27 Desember 2020.


,,calon kami nomor 02 disodorkan oleh calon nomor  01 tentang surat kesepakatan pada tanggal 30 Desember 2020, sementara tanggal yang tercantum dalam surat tersebut tertanggal 27 Desember 2020, Sedangkan surat kesepakatan tersebut ditanda tangani setelah dilakukan penghitungan suara dan sudah diterbitkan plano C1 oleh Panitia,,ungkap saksi.


Dilain tempat awak media ini melakukan investigasi dan konfirmasi terhadap pihak yang terkait, ditemukan adanya dugaan dugaan rekayasa dokumen oleh pihak paslon nomor urut 01.


Hal ini dbuktikan dengan rekaman pembicaraan dengan wakil ketua panitia pemilihan Kepala Desa Benteng Kecamatan Sungai Manau, dalam rekaman tersebut wakil ketua merasa diancam untuk membuat surat yang diusulkan oleh paslon nomor urut 01.


,,Kami merasa diancam kalau kami tidak mau membuat surat kesepakatan tentang kategori surat yang sah tersebut maka kami tidak bisa melanjutkan rekapan hasil pemeilihan tersebut,,ujarnya.


Wakil Ketua Panitia juga membenarkan bahwa menandatangani surat tersebut pada tanggal 30 Desember 2020, setelah dua hari dilakukan pemilihan dan penghitungan suara, sementara surat tertanggal 27 Desember 2020.


,,surat tersebut benar ditandatangani pada tanggal 30 Desember 2020, dan tanggal yang tertera dalam surat tersebut memang diundurkan 27 Desember 2020,tutupnya.*(tim)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update