WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Manfa'at Menanam Pohon Bagi Manusia

Tuesday, January 12, 2021 | January 12, 2021 WIB Last Updated 2021-01-12T05:55:16Z



PORTALBUANA.COM,  LABUHANBATU.  Hutan kota yang berfungsi sebagai paru-paru dan sumber oksigen bagi warga kini mulai jarang terlihat di kota-kota besar di Indonesia. Karena, hampir sebagian besar lahan telah dihabiskan untuk pembangunan seperti perumahan, perkantoran dan perindustrian. Hutan juga mendukung spesies yang tak terhitung jumlahnya, termasuk manusia, namun kita sering tampak tidak menyadarinya. Penebangan pohon menyebabkan bumi meningkat, pasokan oksigen semakin berkurang dan tingkat polusi udara cenderung meningkat. Sehingga pasokan air dalam tanah semakin berkurang. Ucap Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST,MT, dihari peringatan menanam sejuta pohon diruang kerjanya Selasa (12/1/2021).



 Dijelaskan Bupati, Manfaat menanam pohon bagi kehidupan adalah sebagai berikut: Memelihara Tanah dan Menjaga Bumi Tetap Dingin Pohon dapat menyerap CO2 yang memicu pemanasan global. Tumbuhan selalu membutuhkan sejumlah CO2 untuk fotosintesis, namun, udara di bumi saat ini sangat pekat dengan emisi ekstra sehingga hutan melawan pemanasan global hanya dengan bernapas. Sebagai Penyerap Karbon Hutan dapat membersihkan polusi udara dalam skala yang jauh lebih besar, dan bukan hanya CO2. Pohon menyerap berbagai polutan di udara, termasuk karbon monoksida, sulfur dioksida, dan nitrogen dioksida. Pohon juga bisa menjadi penghalang kebisingan alam yang populer. Efek meredam sebagian besar disebabkan oleh gemerisik daun ditambah suara putih hutan lainnya, seperti nyanyian burung dan hanya beberapa pohon yang ditempatkan dengan baik dapat memotong suara latar sebesar 5 hingga 10 desibel, atau sekitar 50% yang didengar oleh telinga manusia.


Selain Memberikan keindahan dan kenyamanan,  Pohon memberikan keteduhan, segar, sejuk serta menghasilkan bahan-bahan berupa kayu, daun, bunga, dan buah. Saluran Air Alami Hutan seperti spons raksasa yang menyerap limpahan air daripada membiarkannya jatuh ke permukaan, tetapi tidak bisa menyerap semuanya. Air yang melewati akar di pohon akan menetes ke akuifer, mengisi kembali persediaan air tanah yang penting untuk minum, sanitasi, dan irigasi di seluruh dunia. Fungsi pohon untuk menurunkan pencemaran udara. Pembakaran bahan bakar fosil menyebabkan karbon dioksida terperangkap di atmosfer kita. Hal ini menyebabkan suhu menjadi panas serta mengubah iklim kita dengan cara yang berbahaya. Menampung 80% Keanekaragaman Hayati di Bumi Hampir setengah dari spesies yang ada di bumi hidup di hutan, termasuk 80% keanekaragaman hayati di darat. Keanekaragaman hayati adalah masalah besar, baik untuk ekosistem maupun ekonomi manusia, namun semakin terancam di seluruh dunia oleh deforestasi. Pengendalian banjir dan bencana alam  Pengendalian banjir dan bencana alamseperti tsunami dan abrasi. pohon yang terdapat hutan-hutan di daerah tertinggi menyimpan sejumlah besar air, yang seharusnya mengalir dari bukit dan mengalir di sepanjang sungai ke kota-kota. Pohon bermanfaat untuk kesehatan mental manusia. Dengan melihat pepohonan maka hati dan fikiran akan menjadi segar dan terbukti menyembuhkan kesehatan mental.




Menanam pohon berarti menabung oksigen sebagai bentuk usaha mewujudkan Generasi masa depan dengan bumi yang indah. Ayo Tanam Pohon sekarang sebagai aksi nyata bukan hanya kata.


Selamat Memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon...!(sh) 

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update