WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Kunjungan Ketua DPRD Bengkalis Ke DPRD Pelalawan

Akun Facebook Sasmadi Msd Hina LSM, Akan Dilaporkan Ke Polres Kerinci

Saturday, February 20, 2021 | February 20, 2021 WIB Last Updated 2021-02-20T02:02:24Z

 


PORTALBUANA.COM - KERINCI. Salah satu akun facebook atas nama sasmadi msd dengan terang terangan menghina LSM dimedia sosial facebook yang menyebutkan. " alah LSM, Kasih amplop juga diam." disalah satu koment. Sehingga menimbulkan berbagai kecaman dari rekan rekan LSM sungai penuh / kerinci merasa terhina akan ungkapan akun fb sasmadi msd. 


Usut punya usut akun fb atas nama sasmadi msd tinggal di desa siulak deras mudik RT 04 kecamatan gunung Kerinci kabupaten Kerinci. Saat ini pemilik akun facebook sasmadi msd bekerja sebagai perangkat desa. 


Koment dari akun facebook Sasmadi msd menjadi kecaman salah seorang aktivis iwan efendi sekjen LSM petisi mengatakan. " ungkapan yang dkatakan akun facebook atas nama sasmadi msd yang menyebutkan alah LSM, kasih juga amplop juga diam, saya merasa terhina seakan akan LSM bisa di suap 


Atas koment yang telah menyinggung dan menghina LSM dari akun facebook Sasmadi Msd jelas telah melanggar UU ITE Pasal 27 ayat (3) UU ITE, yang berbunyi : “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”, 


Pasal 45 UU ITE, yang berbunyi : (1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). 


Selain 27 dan pasal 45 UU ITE juga dapat dikenakan Pasal 317 KUHP Barang siapa dengan sengaja mengajukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, baik secara tertulis maupun untuk dituliskan, tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang, diancam karena melakukan pengaduan fitnah, dengan pidana penjara paling lama empat tahun.


Juga Pasal 310 : Barangsiapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang, dengan menuduh sesuatu hal, yang maksudunya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran, dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan." Ujar iwan. 


Lebih lanjut iwan menambahkan " koment dari sasmadi msd di media facebook ini tidak bisa di biarkan saya selaku LSM segera akan melaporkan akun facebook atas nama sasmadi msd. Untuk di proses secara hukum. Agar ads efek jera. Kalau tidak di tindak akan banyak lagi akun akun yang menghina 


Saya menghimbau untuk pengguna media sosial jadikanlah media facebook sebagai tempat penyambung tali Silahturahmi yang terputus serta persahabatan. Jangan jadikan yang akan menjerat diri ke ranah hukum., " pungkas iwan efendi. ( fc) 



No comments:

Post a Comment