WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Yon Simamora Kades Bukit Pulai, Berhentikan Perangkat Desa Tanpa ada Kesalahan.

Wednesday, February 10, 2021 | February 10, 2021 WIB Last Updated 2021-02-10T14:27:02Z

 


PORTALBUANA.COM KERINCI. Yon Simamora Kepala Desa Bukit Pulai Kecamatan Danau Kerinci Barat Kabupaten Kerinci, diduga melakukan pemberhentian perangkat desa secara sepihak. Sehingga hal tersebut menimbulkan polemik di tengah masyarakat. 


Padahal Yon Simamora kades definitif yang dilantik oleh Bupati Kerinci beberapa waktu lalu. Baru seumur jagung jabatan yang diembannya, sudah mulai menunjukkan powernya di tengah masyarakat.


"Padahal kami perangkat desa yang lulus pada tahun 2019. Kok kami diberhentikan dengan alasan tidak masuk akal" ujar yang layak untuk dipercaya.


Sumber juga menjelaskan, dalam pemberhentian perangkat desa juga ada aturan. Seperti yang tertuang dalam Permendagri no 67 tahun 2017, jelas sumber kepada Portalbuana Rabu (10/2/2021).


"Dalam pemberhentian kami ini penuh dengan kejanggalan, dan juga syarat dengan KKN" ucapnya.


Sementara itu, Yon Simamora Kades Bukit Pulai, ketika dikonfirmasi Via WhatsApp (WA) Rabu (10/2) pukul 17:00 wib. Belum ada jawaban meskipun pesan terconteng warna hijau, 


Perlu diketahui, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa sudah ada mekanismenya, tidak serta merta ditunjuk oleh Kades, pengangkatan perangkat desa harus melalui penjaringan. sehingga perangkat desa yang diangkat merupakan hasil seleksi tim evaluasi diluar pemerintah desa.


Sedangkan pemberhentian perangkat desa sendiri juga harus melalui mekanisme dan prosedur yang berlaku, dimana perangkat desa tidak bisa diberhentikan jika tidak ada permasalahan atau mengundurkan diri.


Bahkan didalam Permendagri no 67 tahun 2017 dalam pasal 2 ayat (1) sudah dikatakan tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. (Dede)

No comments:

Post a Comment