WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Panitia Pilkades Desa Sungai Batu Gantih Hilir Diduga Kuat Pungut Uang pada Calon Kades.

Tuesday, March 09, 2021 | March 09, 2021 WIB Last Updated 2021-03-09T06:46:10Z


PORTALBUANA.COM. KERINCI.  Dalam menjunjung Tinggi Nilai - Nilai Demokrasi tidak lepas dengan pesta di adakannya ajang Pilkades di indonesia dan hal inipun akan dilaksanakan oleh Kabupaten Kerinci pada Bulan April 2021 mendatang.


Untuk pemilihan kepala desa (Kades) Kab.kerinci Provinsi Jambi sebanyak 153 desa yang ikut ajang Pilkades tersebut, dan semua itu tak lepas dari beberpa tahapan untuk penyelenggaraannya, guna melaksanakan Pemilihan Kepala Desa tersebut.


Saat Awak media ini berbincang - Bincang dengan salah satu Calon Kades Desa Sungai Batu Gantih Hilir yang Engan namanya di tuliskan, memaparkan kalau untuk pilkades di Desa Sungai Batuh Gantih Hilir pake sumbangan Rp 10 juta bagi para calon yang ingin mengikuti hajatan demokrasi dalam memilih pemerintahan terbawah tersebut.


Data informasi yang diperoleh media ini, Senin (8/3/21) dalam penyelenggaraan Pilkades di Desa Sungai Batu Gantih Hilir, Kecamatan Gunung Kerinci, bagi para bakal calon yang ingin mendaftarkan diri dipunggut biaya sebesar Rp 10 juta. Bahkan uang pengamanan kegiatan penyelenggaraan ke aparat kepolisian berjumlah Rp 4 juta dan parahnya lagi panitian penyelenggaran meminjam uang kegiatan ke pihak ketiga sebesar Rp 5 juta dalam pelaksanaan tahapan Pilkades.


Pada hal untuk pelaksnaan pilkades di kabupaten Kerinci sudah banyak berbagai media yang komfirmasi dengan pihak Dinas Pemdes,menyampaikan kalau anggaran Pilkades sudah di anggarankan di DD (Dana Desa) dan kita sudah mengkaji tentang dana tesebut agar mencukupi, dan bila ada pengutan dari pihak manapun juga baik dari panitia kami tidak bertangung jawab dan itupun tidak dibenarkan oleh Bpk.Bupati Kerinci Ujar Sumber.


Puncak pelaksanaan pencoblosan 6 April 2021 yang mengacu pada tahapan pilkades yang berdasarkan lampiran Keputusan Bupati No 141/Kep.405/2020. Tentang penetapan desa dan tahapan serta jadwal pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Kerinci.


Iwan .E. selaku Aktivis kerinci ,Ketua DPD LSM Petisi Sakti dan Sekjen AMPI (Aliansi Merah Putih) Angkat bicara " Sangat disayangkan Apabila ada terjadi pungutan terhadap para calon Kades. Hal ini sudah jelas pungli. Sangat merusak tantanan berdemokrasi dalam penyelenggaran Pilkades  


Seperti yang terjdi di Desa Sungai Batu Gantih Hilir, bagi para calon yang ingin ikut bersedia menyumbang sebesar 10 juta,” sebagaimana yang disampaikan sumber kepada saya dengan logat menirukan keterangan dari panitia penyelenggara. 


Jika benar indikasi pungutan terhadap calon kepala desa yang terjadi di desa sungai batu gantih hilir akan kita laporkan segera mungkin. Ujar iwan


Iwan menambahkan " sumber juga mengatakan ke saya soal Daftar Pemilih Tetap (DPT) 517 mata pilih yang diragukan keabsahannya. 


Dalam hal ini saya meminta Panitia penyelenggara perlu memverifikasi bagi mata pilih yang berhak untuk memilih dan benar-benar mengcross cek bagi masyarakat pendatang didesa tersebut.


“Kita sangat meragukan DPT 517 mata pilih, agar tidak mengundang keracuan dan pandangan Negarif serta menghindari agar tidak terjadinya komplik didalam pelaksanaan pilkades tetsebut perlu diadakan verifikasi oleh panitian penyelenggara, jangan meminta haknya saja tapi kewajiban perlu dilakukan,” tutupnya diakhir. 


Media ini belum mendapat konfirmasi dari pihak panitian penyelenggaran, sampai berita ini diturukan dan kita meminta agar pihak panitia betul-Betul berjakan di atas Rel demokrasi demi untuk kemajuan sungai Batu gantih Hilir kedepanya.( fc)

No comments:

Post a Comment