WARTAWAN PORTAL BUANA, HANYA TERCANTUM DALAM BOX REDAKSI, DIBEKALI DENGAN KARTU ANGGOTA YANG MASIH BERLAKU, DAN SURAT TUGAS, PASANG IKLAN, KONTAK KAMI VIA WA +6281371101251 -->
Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan


 

Buruh Lepas Dis Perkim Tidak Rela Gaji Diterima, Harus Berikan Setoran 500 Ribu

Thursday, April 08, 2021 | April 08, 2021 WIB Last Updated 2021-04-08T08:15:30Z

 


PORTALBUANA.COM - SUNGAI PENUH. Terkait pemberitaan dari media ini tentang 

https://www.portalbuana.com/2021/04/keterlaluan-gaji-buruh-lepas-dis-perkim.html?m=1.

Dimana dalam pemberitaan sebelumnya buruh lepas merasa kecewa tiga bulan gaji terhitung bulan february 2021 belum diterim. Lebih parah lagi jika sudah menerima pekerja harus mem7berikan setoran sebanyak 500.000 ke dinas dengan alasan bermacam macam. 


Sehari setelah terbit pemberitaan dari media ini, terlihat portingan plt kadis perkim sudah dikonfirmasi oleh media lain. Dimana Dalam postingan facebook salah satu rekan media unggahan foto dirinya bersama plt kadis perkim disertai ungkapan gaji buruh lepas akan di cairkan dalam waktu dekat. 


Salah seorang buruh lepas saat dikonfirmasi mengatakan. Syukur alhamdulillah kalau memang dalam waktu dekat gaji kami sudah terima. Namun mengenai setoran 500.000 apa kami tetap serahkan ke dinas. Sebab dalam postingan hanya gaji akan dibayar masalah setoran apa masih harus kami berikan tidak ada disebutkan dalam postingan itu


Kami tidak rela dan tidak ikhlas kalau kami harus memberikan setoran 500.000 .ke dinas. Gaji yang kami terima selama tiga bulan tidak seberapa 650.000 perbulan. Tahun lalu kami juga harus memberikan setoran 3 bulan gaji kami harus memberikan setoran 750.000 satu bulan gaji. Setelah kami mencairkan uang di BANK kami langsung di telpon dinas untuk kumpul dan berikan setoran tersebut. Jika tidak di serahkan kami akan diberhentikan. Tahun lalu gaji kami 750.000 perbulan. Untuk tahun ini kami hanya menerima 650.000 perbulan. Ujar salah seorang buruh lepas. 


Iwan efendi selaku ketua DPD LSM PETISI juga ka biro portal buana kab kerinci dan sungai penuh angkat bicara " setelah saya melihat postingan facebook dari salah satu rekan wartawan dari media lain dirinya bersama kadis perkim, saya sangat kecewa akan hal ini. 


Seharusnya plt kadis memberikan hak jawab ke media yang memberitakan bukan media lain yang tidak ada memberitakan permasalahan buruh lepas 3 bulan belum terima gaji dan harus memberikan setoran 500.000 ke dinas .


Alhamdulillah plt kadis akan mencairkan gaji buruh lepas dalam waktu dekat. Namun yang menjadi pertanyaan saya bukan masalah kapan gaji di cairkan, jika setoran buruh lepas harus menyerahkan ke dinas, apa dasar dan apa ada perda yang mengatakan kalau buruh lepas harus memberi setoran 500 000 ke dinas setelah gaji diterima melalui BANK. Jelas ini adanya dugaan pungli.  Ujar iwan. 


Lebih lanjut iwan mengatakan." sangat di sayangkan sikap plt kadis yang memberikan hak jawab dengan media lain sementara media tersebut hanya dalam bentuk postingan facebook tanpa ada meberitakan secara detil hasil klarifikasi plt kadis. 


Silahkan saja rekan wartawan ingin memberikan hak jawab dari yang bersangkutan. Demi membantu pekerja buruh lepas perkim. Tapi harus dijelaskan secara detil dalam pemberitaan. Apa alasan keterlambatan gaji diterima begitu juga setoran 500.000 yang harus di serahkan buruh lepas ke dinas apa alasan dan aturan mana serta perdanya. Ini harus di jelaskan dalam pemberitaan bukan sebatas status facebook yang mengatakan kalau gaji akan di cairkan. 


Terkait adanya setoran 500.000 yang harus dibayarkan buruh lepas ke dinas jika sudah menerima gaji, bilamana masih terlaksana saya selaku ketua DPD LSM Petisi akan mengusut ini jelas adanya dugaan pungli tidak bisa dibiarkan. " pungkas iwan efendi.( fc) 


No comments:

Post a Comment