Dari 9 Arah Perubahan 4.0 Hingga Tujuan Hidup, Compass Building Camp (CBC) 2022 Penuh Inspirasi


Bogor - Membangun semangat juang para penerima manfaatnya melalui peningkatan kompetensi, pengembangan kapasitas, dan integritas pemuda sebagai penggerak pembangunan daerah guna menguatkan semangat dan pondasi kepemudaan, pada Minggu (02/10) Etos ID menggelar sesi Inspiring Leaders Talk dan Life Map Masterclass di Compass Building Camp (CBC) 2022 yang digawangi Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN. Eng., Wakil Gubernur Sumatra Barat dan Ifandi Khainur Rahim, S.Psi., CHRP., CEO Satu Persen, peraih Forbes Indonesia 30 Under 30. 


Di hadapan 94 penerima manfaat Etos ID angkatan 2022 Audy Joinaldy mengemukakan saat ini pemuda Indonesia menghadapi 9 Arah Perubahan 4.0 di antaranya Perubahan Teknologi, Perubahan Makna Ownership ke Sharing Concept, Perubahan Pekerjaan & Profesi, Perubahan Peta Kompetensi, Perubahan Perilaku & Gaya Hidup, Perubahan Regulasi, Perubahan Sumber Kedaulatan Baru Berupa Data, Perubahan Menjaga Reputasi, dan Perubahan Kemampuan Baru. Menurutnya perubahan ini perlu dikondisikan sebaik-baiknya mengingat generasi muda adalah pemegang tongkat estafet kemajuan bangsa. 


“Kalau pemuda ingin membangun negara maka mereka perlu menguasai soft skill bukan hanya hard skill. Paling penting, jangan sampai pemuda berpangku tangan, carilah peluang, gali potensi dan maksimalkan kemampuan diri, sebisa mungkin ciptakan lapangan pekerjaan di daerah,” tegasnya. 



CBC 2022 ialah momentum awal menguatkan semangat bertumbuh, berkarya dan bermanfaat lewat proses orientasi sekaligus ajang mempererat ikatan penerima manfaat serta menjalin KolaborAksi dengan alumni, tokoh, dan masyarakat. 


Dalam Life Map Masterclass Ifandi Khainur Rahim menguatkan semangat para penerima manfaat Etos ID melalui materi seputar pengoptimalan tujuan hidup. Ia menyampaikan, tujuan hidup tidak seperti harta karun, karena tujuan hidup bisa berkembang dan berubah.



“Ada tiga cara jitu dan mudah ketika membuat tujuan hidup. Pertama, mencari tahu tentang diri sendiri meliputi minat, bakat, dan passion; hal itu menjadi penting sebab apapun jika sesuai minat, bakat, dan passion akan terasa lebih ringan dan bahagia. Kedua, merumuskan tujuan hidup dengan menetapkan vision, mission, values dan life metrics. Ketiga, tujuan hidup jangan hanya dirumuskan tapi harus dilakukan,” terang Evan, sapaan akrabnya. 


"Segala hal yang kita capai merupakan tujuan hidup. Jika kita berhasil menyusun tujuan hidup maka akan terbangun momentum serta value sehingga lahirlah achievement-achievement," pesannya. 


Melalui sesi Inspiring Leaders Talk dan Life Map Masterclass, CBC 2022 diyakini dapat melahirkan penerima manfaat unggul dan sadar akan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa, memiliki kesadaran penuh dan kepedulian terhadap pembangunan bangsa demi Indonesia lebih baik di masa depan. (AR-VT)

Post a Comment

Previous Post Next Post

INI YANG ANDA CARI





Contact Form