Iklan

PB
Tuesday, February 7, 2023, February 07, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-08T08:07:24Z
InfoJambiKerinci

Bupati Kerinci Hadiri Acara HUT Ke-20 APSI Kabupaten Kerinci, Transformasi Peran Pengawas di Era Merdeka Belajar


KERINCI. - Bupati Kerinci Dr.H. Adirozal, M.Si Menghadiri Acara APSI dan Di dampingi Ketua APSI Dra. Hj.Nailil Husna, MpD dan Kadis H. Murison, Spd., S.Sos, M.Si dan di hadiri Kabib Pembinaan Sekolah Dasar Saprel dan Kabib Bidang SMP Eka Dian Satria, di A.M. Rohana Panti Asuhan Baitul Husna Sungai Pegeh Siulak, 08/02/2023.


Bupati Kerinci Dr.H. Adirozal, M.Si Mengawali sambutan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kerinci, Bupati Mengucapkan Selamat ulang tahun Kepada APSI Ke-20 dan Bupati Kerinci memberikan Apresiasi Kepada APSI Kabupaten Kerinci yang telah Menjalankan tugas Sesuai dengan Harapan kita bersama dan kita Harapkan dapat ditingkat lagi untuk kemajuan Pendidikan di Kabupaten Kerinci. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pengawas sekolah memiliki peran Sebagai pengawal utama dalam proses peningkatan kualitas pendidikan di sekolah, tantangan global dan revolusi industri 4.0 di era Digital yang semakin kompleks menjadi pengawas sekolah.



Bupati Kerinci, mengingatkan kembali bahwa ada tiga peran penting pengawas sekolah dalam Kaitannya dengan era Milenial :

1. Pengawas sekolah sebagai seorang trainer dimana pengawas ini diharapkan terus melatih Ketrampilan sehingga bisa relevan dengan tuntutan perubahan yang nanti akan berguna untuk diterapkan pada pekerjaan mereka. Berarti Pengawas sekolah harus terus menerus mengasah skill, baik kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak sebagai kemajuan di era Digital, Maupun ketrampilan dalam perangkat keras, diharapkan mereka ini melatih terus keterampilan sehingga bisa relevan dengan tuntutan perubahan yang nanti juga akan diterapkan di Pekerjaannya di Sekolah-sekolah Binaan Mereka.


2. Pengawas sekolah menjadi seorang Coach, sehingga para pengawas sekolah ini bisa melakukan pelatihan membina guru dan kepala sekolah, karena tantangan di era Digital ini permasalahannya semakin Kompleks. Maka dibutuhkan seorang pelatih yang bisa mendampingi Guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya di kelas maupun di sekolah.



3. Pengawas sekolah sebagai mentor seorang pengawas sekolah adalah seorang guru atau kepala sekolah yang berprestasi, jadi dia mempunyai pengalaman dalam hal baik dalam hal kegiatan belajar mengajar maupun tata kelola sekolah, sehingga sangat diharapkan ketika seorang pengawas menjadi mentor maka dia bisa berbagi pengalaman serta praktik baik yang tentunya akan disesuaikan dengan kondisi perubahan yang ada.


Bupati Kerinci, juga mengatakan peranan pengawas sekolah sesuai dengan Visi misi APSI, yaitu mengembangkan pengawas-pengawas sekolah yang Profesional, kreatif dan inovatif. Kegiatan untuk untuk meningkatkan Kompetensi pengawas sekolah sudah diselenggarakan oleh APSI Pusat, seperti bimbingan teknis, forum Ilmiah, Webinar lainnya dengan tema yang sesuai Informasi Kekinian."kata Bupati 


Ketua APSI Kabupaten Kerinci Dra. Hj.Nailil Husna, MPd mengatakan, dikarenakan fungsi pengawas sudah sangat jelas, ia berharap pengawas sekolah di Kabupaten Kerinci bisa menggerakkan elemen-elemen pendidikan dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar.



“Fungsi pengawas sudah sangat jelas, yaitu membina, membimbing, memantau, melatih, dan menilai kepala sekolah serta guru. Otomatis di era sekarang ini pengawas harus bisa menggerakkan kepala sekolah dan guru, tidak hanya diri sendiri,” kata Ketua APSI


"Dalam acara HUT Ke-20 APSI Kabupaten Kerinci yang digelar di Aula A.M.Rohana Panti Asuhan Baitul Husna pada hari Rabu 08/02/2023, Kepala Dinas Pendidikan H. Murizon, Spd, S.Sos., M.Si, mengucapkan selamat kepada pengawas dan meminta untuk selalu mendampingi dirinya memajukan pendidikan di Kabupaten Kerinci.


“Murison ucapkan selamat kepada bapak dan ibu pengawas. Jadikan ini momentum untuk evaluasi diri dan untuk lebih semangat mendedikasikan ilmunya untuk Kerinci dan Indonesia. Pengawas in ikan maestro di bidang pendidikan, jadi mereka inilah yang jadikan penuntun dan pendamping untuk memajukan dunia pendidikan,” ujarnya.


Murison juga mengajak pengawas dan seluruh elemen pendidikan di Kabupaten Kerinci untuk membangun mimpi bahwa suatu saat nanti ada anak-anak dari Kabupaten Kerinci yang berkiprah di nasional dan membanggakan Indonesia.


“Dunia pendidikan in ikan investasi, hasilnya baru terlihat 20-50 tahun kedepan. Harapannya anak-anak di Kabupaten Kerinci yang saat ini masih di bangku paud, atau lainnya, suatu saat nanti bisa membangun Indonesia. Kita bangun mimpi. Itulah investasi kita 50 tahun kedepan,” terangnya."(AM)