Iklan

PB
Saturday, June 10, 2023, June 10, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-10T14:02:22Z
InfoJambi

Program Dumisake Antar Al Haris Terima Penghargaan Satyalencana Wirakarya dari Presiden.



JambiGubernur Jambi, Al Haris terima penghargaan Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI. Penghargaan tertinggi dibidang pertanian ini diterima Gubernur Al Haris pada acara Pekan Nasional XVI Petani dan Nelayan Indonesia 2023 di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/06/2023).


Penghargaan Satyalancana Wira Karya ini diserahkan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo. Penghargaan ini diterima Al Haris atas peran aktif dalam pengelolaan perkebunan sawit berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi pemetaan presisi populer spasial kebun sawit kerja sama IPB, percepatan sertifikasi ISPO, dan program unggulan Dumisake melalui subsidi bibit dan unit pengelolaan hasil komoditi perkebunan, sehingga meningkatkan produksi dan produktivitas perkebunan serta nilai tambah ekonomi masyarakat Jambi.


Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan momen Penas pertanian dan nelayan 2023 ini merupakan semangat baru bagi para petani dan nelayan, dimana sektor pertanian ini sudah teruji dan berhasil bertahan saat pandemi covid melanda lalu.


“Pada saat pandemi melanda di Provinsi Jambi pertanian bisa bertahan dan bahkan mampu melebihi target sangat luar biasa. Ini membuktikan bahwa pertanian sangat luar biasa, ini perlu dukungan semua, sudah terbukti,” kata Al Haris.


” Adanya pelaksanaan Penas ini merupakan semagat baru bagi para petani dan nelayan, memang sektor sudah teruji dan bisa bertahan, sektor pariwisat pada saat Covid tutup semua, sektor perhubungan turun, hanya sektor pertanian satu satunya yang bertahan, untuk itu Pemerintah ingin menguatkan kembali di sektor pertanian,” tambah Al Haris.


Penghargaan tersebut dikatakan Al Haris merupakan bukti nyata keberhasilan kerjasama program pemerintah dengan masyarakat.


“Penghargaan tersebut bukti nyata inovatif kita semua, kita kemaren ada melatih petani kelapa sawit, Alhamdulillah dari penilaian pusat dinyatakan berhasil, antara sinergi Pemerintah bersama para petani berhasil,”


Dikatakan Al Haris  pembangunan pertanian tanaman pangan di Provinsi Jambi beberapa tahun terakhir mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat (Kementerian Pertanian).” Tujuan kita adalah agar petani provinsi Jambi bisa bangkit dan pulih dari keterpurankan disektor lain, bukti sektor pertanian bisa bertahan, membangkitkan semangat para petani dan jajaran pertanian di Jambi terus meningkatkan produksi pertanian,”


Al Haris mengatakan, penghargaan yang di terima tersebut merupakan penghargaan untuk masyarakat Jambi, khususnya petani dan stekholder terkait dibidang pertanian atas kerja keras dan dedikasinya serata senergitas dalam memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di provinsi Jambi.


“Penghargaan tersebut kita bisa membangkitkan semangat para petani dan jajaran pertanian di Jambi terus meningkatkan produksi pertanian, khususnya pertanian tanaman pangan,” sebutnya.

ROLEX