Iklan

PB
Sunday, July 17, 2022, July 17, 2022 WIB
Last Updated 2023-03-07T06:28:16Z
InfoJambiSungai Penuh

Jelang Kenduri SKO, Depati Koto Lolo Berziarah Ke Makam Nenek Moyang



SUNGAI PENUH. Sebelum penyelenggaraan kenduri sko serta penobatan walikota Ahmadi Zubir selaku anak jantan tuo di Lantik menjadi Depati Ninik mamak bergelar Depati Bertuah Pagar Negeri dan penurunan benda pusaka para Depati desa koto lolo terlebih dahulu berziarah ke makam nenek moyang. Minggu 17/7/2022

Dalam Ziarah ke makam Nenek Moyang  yang di lakukan para Depati sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur yang telah berjasa untuk desa koto lolo sekaligus memperkenalkan kepada anak cucu agar mengetahui asal usul nenek moyang.

Dalam kesempatan Kepala desa koto lolo Dedi Azwar S,Hi mrngatakan" sesuai dengan kesepakatan atas nama Depati Ninik mamak sudah mengajukan Ajun arah untuk melaksanakan kenduri SKO pada hari Senin tanggal 18/7/2022.

Sebelum kami menggelar acara kenduri SKO, untuk agenda hari ini kami bersama para Depati berziarah ke makam nenek moyang kami yang telah berjuang dan memelihara desa koto lolo.


Mereka ini lah yang pertama kali tinggal di desa koto lolo sebelum terbentuknya menjadi desa dengan nama desa Adat, namun setelah di atur di dalam UU No 14 Tahun 2014 baru terbentuk menjadi desa." Ujar Dedi 

Selanjutnya Dedi Azwar mengatakan" Atas nama pemerintahan desa koto lolo kami berharap dengan adanya momen kenduri SKO ini menjalin silaturahmi menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat desa koto lolo pada  khusus dan masyarakat pesisir bukit ssrta kota sungai penuh pada umumnya.

Untuk puncak acara kenduri SKO akan kita gelar pada hari Senin 18/7. Yang sudah kami persiapkan satu tahun. Dimana sudah 25 tahun tidak ada di laksanakan kenduri SKO di desa koto lolo. 

Setelah kenduri sko, kami juga melaksanakan penobatan dan pengangkatan Depati Ninik Mamak sekaligus penobatan anak jantan tuo walikota sungai penuh bapak Ahmadi Zubir di Lantik menjadi Depati Ninik Mamak yang bergelar Depati Bertuah Pagar Negeri. Yang akan kami laksanakan pada hari Selasa 19/7 " Tutup Kade koto lolo Dedi Azwar S,Hi ( FC)