Dompet Dhuafa Konsolidasikan Organ Pendidikan Demi Tunaikan Amanah Donatur


BOGOR, Selama tiga hari, sejak Rabu hingga Jumat (5—7/10) lalu, Dompet Dhuafa mengumpulkan seluruh organ pendidikannya guna melaksanakan konsolidasi internal. Kegiatan ini berlangsung di bawah komando Divisi Budaya Pendidikan Dompet Dhuafa. 


Rapat tahunan yang dilaksanakan di Arra Resort, Ciloto, Bogor ini tak lain dihelat untuk menunaikan amanah donatur. 


Konsolidasi ini dihadiri oleh 29 orang. Selain Tim Divisi Budaya Pendidikan Dompet Dhuafa, hadir pula manajemen organ-organ pendidikan Dompet Dhuafa. 


Lembaga Pengembangan Insani, Institut Kemandirian, Kampung Silat Jampang, dan Gerakan Ayo Bercita-cita, adalah empat organ pendidikan di bawah koordinasi Divisi Budaya Pendidikan Dompet Dhuafa. 



Setiap organ pendidikan tersebut memiliki ranah kefokusan masing-masing. Akan tetapi, Dompet Dhuafa memiliki tujuan besar dalam aktivitas pemberdayaan masyarakat marginal pada bidang pendidikan dan budaya. Karena itu, konsolidasi internal bersama seluruh organ harus dilakukan setiap tahun. 


Dompet Dhuafa sendiri merupakan salah satu lembaga kemanusiaan yang berkhidmat pada pengentasan kemiskinan melalui program-program pemberdayaan di berbagai pilar. 


Program- program terbaik diinisiasi demi menjalankan visi misi lembaga seutuhnya. Program terbaik tentunya dilahirkan dari proses yang panjang, dari asesmen hingga pemantauan dan evaluasi program. 


Divisi Budaya Pendidikan merupakan salah satu program yang sangat penting dalam mengimplementasikan program Dompet Dhuafa selama 29 tahun lembaga ini berdiri. 


Setiap insan Dompet Dhuafa dan seluruh jaringan organ budaya dan pendidikan terus berikhtiar menampilkan performansi terbaik melalui karya-karya program. Karena itu, Divisi Budaya Pendidikan memberikan ruang untuk berdiskusi bersama dalam rangka konsolidasi internal. 


Pada forum tersebut, juga akan dilaksanakan RKAT (Rapat Kerja dan Anggaran Tahunan) periode tahun 2023. Selain itu, konsolidasi yang dilakukan adalah dalam kerangka implementasi program pada akhir semester dua tahun 2022. 


 Dalam agenda konsolidasi tersebut, Divisi Budaya Pendidikan bersama organ pendidikan akan menyusun evaluasi kinerja dan rencana kegiatan tahun 2023. 


Meski agenda konsolidasi cukup padat dengan rapat, dari Rapat Evaluasi, Rapat Pleno, serta Rapat Komisi, tetapi suasana yang dibangun penuh dengan keakraban. 


 Acara tukar kado pun digelar untuk mempererat kekeluargaan. Tak lupa, asupan ruhani tetap diberikan dengan menggelar salat Tahajud dan Subuh berjemaah, Kuliah Subuh, serta zikir bersama. 


Hal-hal demikian dilakukan untuk memastikan setiap insan Dompet Dhuafa—baik di tingkat pusat maupun organ—selalu memberikan energi terbaiknya dalam menunaikan amanah dari para donatur: menjalankan program terbaik demi mengangkat harkat hidup masyarakat duafa.

Post a Comment

Previous Post Next Post

INI YANG ANDA CARI





Contact Form