Para Pemuka Masyarakat Riau Dukung Pemekaran Kabupaten di Riau


PEKANBARU - Para pemuka masyarakat Riau mendukung pemekaran Kabupaten di Riau. 

Tokoh masyarakat Riau juga mantan Hakim Agung Haji Syamsul Rakan Chaniago berkunjung ke Kantor Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) untuk membahas rencana pemekaran kabupaten di Provinsi Riau.


 "Kunjungan informal ini adalah pembuka bagi kita untuk menyatukan suara mendukung pemekaran kabupaten-kabupaten di Riau demi pembangunan yang merata. Ingat, kita hanya inginkan dan mendukung pemekaran kabupaten, bukan pemekaran provinsi,"ujar Syamsul


Rakan di Kantor FKPMR di Pekanbaru, Kamis (29/12/2022). Kedatangan Syamsul Rakan bersama Nasir Day Nurdin disambut Ketua FKPMR Dr.drh Chaidir dan sejumlah tokoh masyarakat Riau lainnya yang tergabung dalam FKPMR.



Syamsul Rakan dalam pertemuan itu mengungkap, pemekaran kabupaten merupakan upaya untuk lebih memajukan wilayah-wilayah yang ada di Riau secara merata. Menurut dia, dilihat dari sisi pembangunan yang merata, saat ini Provinsi Riau masih tertinggal dengan daerah-daerah lainnya, seperti Sumatera Barat.


 "Jumlah penduduk Riau dulu separuhnya Sumbar, tapi sekarang sudah melebihi jumlah penduduk Sumbar. Sehingga patut kabupaten-kabupaten di Riau itu dimekarkan,"ujarnya. 


 Alasan lainnya, lanjut Syamsul Rakan, pemekaran daerah di Riau dibutuhkan karena sejauh ini masih banyak pembangunan yang belum merata, jalan-jalan masih banyak yang rusak, fasilitas kesehatan dan pendidikan masih sangat minim di daerah-daerah yang jauh dari pusat pemerintahan. 


 Saat ini, demikian Syamsul Rakan, bahkan luas wilayah tiga kabupaten/kota di Riau itu sama luasnya dengan satu provinsi di Jawa, seperti halnya Kendari.


 "Maka dengan demikian, sudah sangat layak kabupaten-kabupaten di Riau dimekarkan untuk mengejar ketertinggalan di segala sektor. Agar masyarakatnya lebih maju, sehat dan sejahtera,"jelasnya. 


 Jika pemekaran terealisasi, lanjut Syamsul Rakan, setidaknya nanti akan ada pembangunan yang akan lebih maju, paling tidak nanti di daerah itu akan ada kantor DPRD, kantor bupati, kantor kepolisian, kantor pengadilan, rumah sakit umum daerah, dan lainnya.


"Investasi juga akan ikut tumbuh, perekonomian masyarakat juga turut akan meningkat. Itu harapan besarnya,"ujarnya. 


 Dengan tujuan-tujuan itu, demikian Syamsul Rakan, maka mungkin FKPMR perlu mempertimbangkan, apakah ide ini bagus dan menguntungkan daerah Riau? 


 "Dan jika setuju, maka kita berjuang bersama supaya bagaimana dapat terealisasi pemekaran kabupaten di Riau," katanya. 


 Ketua Umum FKPMR Dr.drh Chaidir dalam pertemuan itu mengungkap dukungannya atas rencana pemekaran kabupaten di Riau.


"Masalah pemekaran itu sama pandangan kita, saya dan akan banyak pihak yang akan mendukung rencana ini karena demi terwujudnya pembangunan yang merata di setiap daerah," jelasnya. 


 Menurut Chaidir, tahun depan ada beberapa agenda FKPMR dimana salah satunya berkaitan dengan wacana pemekaran kabupaten di Riau. 


 "Saya pikir ini wacana yang positif dan didukung banyak pihak. Kita akan tindaklanjuti dalam komunikasi yang lebih serius," demikian Chaidir.

Post a Comment

Previous Post Next Post

INI YANG ANDA CARI





Contact Form