Menyikapi Indikasi Perbuatan yang tidak menyenangkan dari seseorang atau sekelompok orang yang membuat kegaduhan dan meminta mengosongkan Balai Adat Melayu Riau Kota Dumai

PRESS RELEASE

DUMAI, 08 JANUARI 2023 / 15 JUMADIL AKHIR 1444 H Pada tanggal 09 Desember 2022, seperti yang kita dengar dan baca di media online, bahwasanya telah terjadi pemakzulan dan atau mosi tidak percaya yang dilakukan oleh sekelompok orang terhadap pemangku Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai Datuk Seri Syarudin Husin, sehingga hal ini menyebabkan kegaduhan, situasi dan kondisi yang tidak kondusif dan menimbulkan stigma yang tidak baik di khalayak ramai, Masyarakat Adat Kota Dumai terkhusus Kelembagaan Adat Melayu Riau Kota Dumai.


Pada Tanggal 10 Desember 2022, Kami selaku Penyelaras Penggawa Adat Kota Dumai menghadiri Rapat Pengurus LAM Riau seKota Dumai bertempat di Balai Adat LAM Riau Kota Dumai untuk menanggapi dan menyikapi berita miring yang sudah luas dikhalayak ramai mengenai Pemakzulan terhadap Pemangku Adat Ketua DPH LAM Riau Kota yang dilakukan oleh sekelompok orang tersebut.



Di dalam Rapat tersebut kami mendengar langsung tanggapan dan Petuah Amanah dari 5 (Lima) Pemangku, Ketua Dewan Pimpinan Harian LAM Riau Kecamatan Kota Dumai, yang menyatakan bahwasanya menolak tegas atas adanya pemakzulan yang dilakukan oleh sekelompok orang tersebut karena jelas telah melanggar AD/ART LAM Riau dan alasan pemakzulan yang mereka laksanakan juga tidak di jelaskan secara detail dan tidak diketahui apa motif sebenarnya. sehingga kami menduga ini adalah barisan sekelompok orang yang ingin menjatuhkan dan mencemarkan nama_baik Kelembagaan Adat Melayu Riau Kota Dumai dan terkhusus nama baik Datuk Seri Syarudin Husin Ketua DPH LAM Riau Kota Dumai.


Pada tanggal 04 Januari 2023, LAMR Riau Kota Dumai menggelar Rapat Besar Pengurus LAM Riau Kota dan se Kecamatan Kota Dumai dan Press Conference tentang Press Release yang dikeluarkan LAM Riau Kota Dumai.


MENYIKAPI SURAT NOMOR : P-45/LAMR/XI1/2022 TANGGAL 02 JANUARI 2023 DARI LAM RIAU PROVINSI RIAU VERSI H. R. MARJOHAN DAN H. TAUFIK IKRAM JAMIL.



Rapat di Pimpin olen Ketua Dewan Pimpinan Negeri LAM Riau Kota Dumai Datuk Seri Syarudin Husin, di dalam Rapat Datuk Seri Syarudin Husin meminta tanggapan, Petuah Amanah dari 4 (Empat) Pemangku Ketua Dewan Pimpinan LAM Riau Kecamatan seKota Dumai yang hadir.


Dari semua Datuk-datuk Ketua Dewan Pimpinan LAM Riau Kecamatan yang hadir menyatakan sikap tegas mengakui Datuk Seri Syarudin Husin masih sebagai Ketua DPH LAM Riau Kota Dumai yang sah sampai berakhimya masa Surat Keputusan LAM Riau pada tanggal 13 Agustus 2023.


Pada Tanggal 07 Januari 2023, kami kembali membaca berita di media online bahwasanya LAMR Riau versi Mubeslub akan mengeluarkan SK kepengurusan LAMR Riau Kota Dumai dan menunjuk Pengganti Antar Waktu Ketua LAM Riau Kota Dumai yang sekarang.


Kami Penggawa Adat LAM Riau Kota Dumai menilai ini sudah keterlaluan dan tidak benar baik secara AD/ART LAM Riau 2017 maupun dimata Hukum Negara Republik Indonesia, karena LAMR Riau versi Mubeslub masih dalam proses duduknya perkara di Ranah Hukum.


Dari Kronologis yang kami rangkum diatas, kami Penggawa Adat LAM Riau Kota Dumai sebagai penjaga Kedaulatan Adat dan Marwah Kelembagaan Adat Melayu Riau Kota Dumai dalam hal ini merasa perlu memberi pandangan dan menyikapi hal-hal di atas, untuk itu kami Penggawa Adat LAMR Riau Kota Dumai meyatakan dengan tegas tidak mengakui LAM Riau Provinsi versi Mubeslub. dan kami siap membuat barisan depan (Pagar Betis) di Balai Adat LAM Riau Kota Dumai jika ada seseorang atau sekelompok orang yang mencoba memblokir, menutup, mengancam dan membuat kegaduhan di Balai Adat LAM Riau Kota Dumai.


Jika hal ini terjadi ke depannya kami siap akan melakukan Hukum Adat dan melaporkan kepada Aparat Penegak Hukum yang ada di Kota Dumai atas perbuatan tidak menyenangkan dan membuat kegaduhan di Balai Adat LAM Riau Kota Dumai.


Kami para penyelaras Penggawa Adat LAM Riau Kota Dumai sampai saat ini selalu berkoordinasi dengan pihak POLRES Dumai setiap kegiatan dan aktivitas yang kami lakukan. Karena kami hadir di tengah-tengah Masyarakat Adat kota Dumai untuk memberikan kontribusi yang baik dan bermamfaat untuk Kota Dumai ini agar selalu menjadi Kota yang Damai dan Tentram serta menjadi Kota yang terpandang, Maju dan terjaga Adat istiadat serta Marwahnya.



Terkait Hal yang kami paparkan diatas, ada seseorang atau sekelompok orang yang mengambil kesempatan atas situasi dan kondisi yang kurang kondusif pada saat ini untuk mencoba mengambil alih kepengurusan LAM Riau Kota Dumai dan kami juga mendengar isu-isu yang beredar, adanya indikasi seseorang atau sekelompok orang yang mengintimidasi para tetua Pemangku Adat LAM Riau Kota Dumai_ untuk mengosongkan Balai Adat LAM Riau Kota Dumai mulai pada hari kamis tanggal 05 Januari 2023 mulai pukul : 00.00 WIB.


Saya Datuk Ismail Zainudin sebagai Pemangku Panglima Muda dan Datuk-datuk seluruh Penyelaras Penggawa Adat Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai dengan tegas meminta kepada mereka yang mengaku tokoh-tokoh Adat dan ingin menduduki LAM Riau Kota Dumai, mari duduk bersama kami Penggawa Adat LAM Riau untuk melakukan Musyawarah Mufakat, karena kami siap mengamankan dan mengawal hasil dari Mufakat yang nanti diputuskan.


Jika ada seseorang atau sekelompok orang yang ingin menggantikan Datuk Seri Syarudin Husin atau Ketua Dewan Pimpinan LAM Riau Kota Dumai yang saat ini masih kami akui dituakan selangkah ditinggikan seranting harus melalui Musda LAM Riau Kota Dumai dan sesuai AD/ART LAM Riau, dan akan dilaksanakan di Bulan Agustus 2023 nantinya sesuai berakhirnya SK Pengurus LAM Riau Kota Dumai.


Kami Penggawa Adat LAM Riau Kota Dumai memberitahukan kepada seseorang atau sekelompok orang yang ingin menduduki dan menjadi Pemangku Adat di LAM Riau Kota Dumai, ikutilah alur patut dan layaknya sesuai AD/ART LAM Riau yang sudah ada dan utamakan Adab serta Tunjuk Ajar Melayu yang di telah dicontohkan para Tokoh-tokoh dan tetua Adat terdahulu dan berikan kepada kami dan anak kemenakan ini hal baik agar bisa kami tiru ke depannya.


Jangan menimbulkan kegaduhan di Kota Dumai terkhusus Kelembagaan Adat Melayu Riau Kota Dumai saat ini, jika hal ini terjadi maka kamilah barisan pertama yang akan mereka hadapi dan kami akan mengambil sikap tegas Membujur Lalu Melintang Patah.


Kepada orang-orang tua kami yang mengatasnamakan Tokoh-tokoh Adat, jadilah Setawo Sedingin bagi kami yang muda, mulailah bermuhasabah diri dari sekarang.


Dan kami meminta dengan hormat bantuan serta kerjasama Aparat Penegak Hukum untuk ikut mengamankan dan menindak seseorang dan sekelompok orang yang memancing dan membuat kegaduhan di Kota Dumai terkhusus Kelembagaan Adat Melayu Riau Kota Dumai.


Musuh jangan dicari tapi kalau datang surut kami berpantang, Saya Datuk Ismail Zainudin sebagai Pemangku Panglima Muda bersama Datuk-datuk seluruh Penyelaras Penggawa Adat LAM Riau Kota Dumai, mengingatkan kembali bahwasanya, kami akan tetap mengawal, mempertahankan dan menghadapi siapapun dan dari pihak manapun yang ingin membuat kegaduhan apalagi mencoba merusak tatanan kehormatan dan kedaulatan LAM Riau Kota Dumai. Lebih baik mati berkalang tanah dani pada hidup tidak bermarwah.

PENGGAWA ADAT LEMBAGA ADAT MELAYU RIAU KOTA DUMAI

SETIA USAHA DATUK ISMAIL ZAINUDIN DATUK SAID AFRIANDI, ST HT] 

Post a Comment

Previous Post Next Post

INI YANG ANDA CARI





Contact Form