Iklan

PB
Tuesday, February 14, 2023, February 14, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-14T12:44:31Z
InfoJambiKerinci

Bupati Kerinci Dr.H.Adirozal, M.Si Buka Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kerinci Tahun 2024


KERINCI. - Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui  Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), pada Senin (14/02/2023) mengelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kerinci tahun 2024.


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Kerinci,Dr.H. Adirozal, M.Si diruang pola kantor Bupati Kerinci yang dihadiri seluruh Kepala SKPD dilingkup Pemkab Kerinci. 


Bupati Kerinci, Dr.H. Adirozal, M.Si dalam sambutanya menyampaikan untuk melaksanakan proses perencanaan pembangunan yang berkesinambungan, diperlukan tahapan pembangunan yang konsisten dan memperhatikan keterkaitannya dengan tahapan-tahapan sebelumnya serta mempertimbangkan dan mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang. 




RKPD merupakan dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 tahun, jadi pemerintah daerah wajib menyusun RKPD yang memuat gambaran umum kondisi daerah, kerangka ekonomi, keuangan daerah, sasaran dan prioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaan serta kinerja pemerintah daerah. 


"Dalam penyusunan RKPD harus berpedoman pada RPMJD Kabupaten, rancangan awal RKPD Provinsi, RKP, Program Strategis Nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan pedoman penyusunan RKPD. Dokumen RKPD berperan sangat strategis dalam mejembatani antara kepentingan perencanaan jangka menengah dengan perencanaan dan Penggagaraan tahunan," sebutnya. 


Bupati Kerinci Dr.H.Adirozal, M.Si menyebutkan untuk penyusunan RKPD Kabupaten Kerinci  dilaksanakan dengan mengunakan empat pendekatan yaitu pendekatan Teknoratik, Partisipatif, Politis, Bottom Up dan Top Down. Hal ini dilakukan untuk menjamin terciptanya integrasi, Sinkronisasi , Sinergitas antar wilayah, ruang dan waktu serta antar urusan pemerintah dan Stokholder pembangunan daerah sehingga upaya menyelesaikan masalah dapat dilakukan secara baik. 



"RKPD Kabupaten Kerinci Tahun 2024 merupakan tahun ke 5 atau tahun terakhir dari RPJMD Kabupaten Kerinci 2019 - 2024 yang telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2019 dan tahun pertama dari perubahan RPJMD, sebagaimana telah diubah dengan peraturan daerah nomor 2 tahun 2022 tentang perubahan rencana pembangunan jangka menengah," ungkapnya. 


Orang nomor satu di kabupaten Kerinci ini mengatakan konsultasi publik ini dilakukan untuk menjaring aspirasi para pemangku kepentingan pada tahap awal, sehingga prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024 dapat terencana dengan baik. 


Kabid PPE Febi Diostovel, SE., ME Saat di Temui di Ruang Kerja Mengatakan, Penyusunan RKPD ini melalui proses inventarisasi, klasifikasi, sinkronisasi, dan seleksi usulan program/kegiatan yang terpadu dimulai dari tahapan Musrenbang Desa/Kelurahan, Forum Konsultasi Publik, Musrenbang Kecamatan, Rapat Teknis, Forum Perangkat Daerah dan serta Musrenbang Kabupaten.



"Keseluruhan proses ini memerlukan koordinasi antar satuan kerja dan partisipasi aktif dari seluruh pelaku pembangunan, untuk mewujudkan visi dari Kabupaten Kerinci" terang Kabid PPE


"Kita berharap penyusunan RKPD dan rencana kerja SKPD tahun 2024 agar menitik beratkan kepada pembangunan yang menyentuh langsung dengan masyarakat," jelasnya.(AM)