Iklan

PB
Saturday, February 25, 2023, February 25, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-25T12:52:57Z
BatamInfoKepri

Ciptakan Harmonis, DPP MUKI Gelar Dialog Lintas Agama


Batam. Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Kepulauan Riau menggelar Dialog Lintas Agama, Dengan Tema Moderasi Agama Dalam Memperkuat Hubungan Umat Guna Memelihara Kerukunan Beragama di Kepulauan Riau, acara itu berlangsung Ballroom Golden Prwn Bengkong Kota Batam Kepulauan Riau.(25/2/2023)


Narasumber terdiri dari kapolda kepri diwakili oleh AKBP Arozatulo Telaumbanua S.sos. M.M,
Ketua PGI Kepri  Pdt Renova Sitorus.S.Th, Ketua DPW Muki Kepri Dr Johanes Tarigan, Ketua FKUB Kota Batam Dr.Ir.Chablullah Wibisono, Kasi Kristen Protestan Kemenag Batam Ester Sri Liasna. S.Si, Ibeth Sitio . 
Undangan dihadiri oleh perwakilan tokoh agama dikota Batam antara lain agama Hindu, Islam Kristen Protestan, Katolik , Budha, dan Konghucu.



Ketua MUKI Kepri mengatakan, tujuan kegiatan agar bisa mengingat kembali akan perlunya hubungan yang harmonis antar umat beragama untuk saling mengerti atas hal-hal yang bersifat negatif supaya tidak miss komunikasi di kota Batam khususnya Kepri, dari umat Kristen hidupnya hanya mengasihi memberkati yang menganiaya hal itu harus diterapkan  supaya tidak ada terjadi konflik, kata Dr.Johanes Tarigan.


Harapannya, pertemuan seperti ini harus  sering dilakukan oleh tokoh-tokoh agama agar dapat saling berkomunikasi sehingga tidak menafsirkan sendiri hal-hal yang bukan negatif menimbulkan negatif, serta dapat menyadari umat apa yang di lihat untuk tidak langsung di posting ke medsos  agar terciptanya kedamaian kerukunan antar umat beragama, ucap Ketua MUKI Kepri.


Ketua PGI Kepri menyampaikan, Para tokoh agama sangat berperan penting dalam meredam suasana dan mencegah perpecahan antar umat beragama, mari kita bangun kerukunan umat mulai dari basis tingkat yang paling rendah (Rt) hingga paling atas agar terhindar dari rasa sinesme dan sentimen sehingga kerukunan itu tetap kokoh, tutup Pdt Renova Sitorus.S.Th. (Endra)