Iklan

PB
Friday, March 3, 2023, March 03, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-03T08:07:50Z
InfoSolselSumbar

Acara Perpisahan Sekolah Angkatan ke - 28 SMAN 3 Dihadiri Oleh Ketua DPRD ZIGO ROLANDA


Solsel. Bupati Solok Selatan H. Khairunas berharap seluruh generasi penerus Solok Selatan untuk terus belajar hingga ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Terlebih saat ini pemerintah sudah membukakan pintu yang lebih lebar agar kualitas menjadi lebih baik lagi. 


Hal ini disampaikan Bupati saat menghadiri acara Graduation Drestanta Tiyara (Perpisahan) angkatan ke-28 di SMA N 3 Solok Selatan, Kamis (2/3/2023). 


"Masa depan ada di tangan kalian. Teruslah belajar dan menuntut ilmu. Kalian adalah putra-putri terbaik Solok Selatan yang akan menjadi generasi penerus Solok Selatan," kata Khairunas dalam sambutannya. 


Dia menjelaskan, saat ini Pemkab telah melakukan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Sumatera Barat untuk memastikan kelancaran lanjutan pendidikan masyarakatnya. 


Namun demikian, fasilitas yang diberikan tidak akan ada artinya jika tidak dibarengi dengan kesungguhan dan kerja keras. Sebab, dalam dunia pendidikan juga dilakukan pembentukan karakter yang akan berguna untuk masa depan. 



"Perlu diingat, yang paling penting adalah kesungguhan dan kerja keras. Tidak ada orang yang akan sukses tanpa adanya kesungguhan dan kerja keras. Ini juga akan membentuk benteng karakter, karena masa depan Kabupaten Solok Selatan akan berada di tangan anak-anak semua," lanjutnya. 


Ke depan, Bupati berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Solok Selatan dan menjadikan pendidikan sebagai misi utama pemerintah kabupaten. 


Dalam kesempatan yang sama, Ketua DRPD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan jumlah 315 orang dalam perpisahan kali ini menjadi perpisahan terbanyak, baik di SMA tersebut maupun di Solok Selatan. Menunjukkan bahwa masyarakat mencintai sekolah tersebut. 


"Kami berharap kepada siswa yang akan melanjutkan kuliah nanti, pilihlah jurusan yang akan bisa mencari lapangan kerja, jangan hanya kuliah memilih jurusan karena kawan dan karena terpaksa, buktinya sampai saat ini banyak yang menjadi pengangguran, karena salah pilih jurusan," terangnya. 


Dia juga menyebutkan bahwa DPRD telah berkomitmen untuk membuat kebijakan pendidikan itu harus menjadi prioritas. 


Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kacabdin Solok Raya Isral menyebutkan pemerintaha provinsi mengapresiasi Pemkab Solok Selatan karena telah memberikan segala daya upaya dalam membangun  pendidikan di Solok Selatan. 


"SMA 3 Solok Selatan, salah satu sekolah pennggerak di Solok Selatan mendapatkan predikat ini tidak mudah, dari 19 kabupaten kota hanya tiga sekolah penggerak salah satunya SMAN 3 Solok Selatan," terangnya. 


Menurutnya, meski secara administrasi berbeda namun kualitas pendidikan di SMA juga tidak lepas dari tangan pemerintah kabupaten. 


Di sela-sela acara, Bupati juga mendapatkan kejutan perayaan ulang tahun karena acara ini bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun Bupati ke-56 tahun. Perayaan pun diikuti oleh seluruh pihak yang turut hadir dalam acra ini. (Cherry )