Iklan

PB
Tuesday, March 14, 2023, March 14, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-15T02:33:06Z
InfoJambiKerinci

Pemeriksaan Tidak Ada Temuan, Inspektorat Kab Kerinci Diduga Bermain Dengan Kades.


KERINCI. Terindikasi ada beberapa desa kabupaten kerinci diduga telah melakukan penyelewengan dana desa tetapi sampai di Inspektorat ternyata tidak ada  temuan sama sekali.

Bahkan ada dugaan permainan pengurangan nilai temuan oleh pihak inspektorat, selisih yang dikurangi itu diduga terjadi kongkalikong” ungkapnya.

Dari penyampaian Ketua DPD LSM  Petisi Sakti Iwan.E, dugaan Permainan seperti itu sudah lama terjadi,Bahkan dari sumber yang dapat di percaya kuat dugaan ada pungutan dari para kades sebanyak 15jt per kades,dan bahkan pihak inspektorat Malah membuat pernyataan untuk para kades dengan isi surat pernyataan tersebut tidak mengadakan pungutan. 

Andaikan memang tidak ada pungutan untuk apa membuat pernyataan tersebut" dengan kata Lain karna ingin Pembenaran bukan kebenaran, dan ada beberapa kades saat di temui awak media ini bersama LSM Petisi Membenarkan hal tersebut Namun engan untuk berkomentar banyak dan meminta namanya untuk di rahasiakan,dan seolah- olah inspektorat bersih dari noda padahal Fakta terbalik. 

Pernah di layangkan Surat Bersama LSM Semut Merah namun sampai saat ini tidak mendapat jawaban konfirmasi tersebut,entah apa yang membuat pihak inspektorat engan untuk membalas surat tersebut.

Kades  di kabupeten kerinci, di duga banyak di temukan kejangalan kejangalan dalam sistim penerapan Alokasi Dana Desa  (ADD) dan Dana Desa ( DD),namun semua tetap berjalan dengan mulus.

Banyak nya kades yang bermasalah namun hasil audit tetap berjalan dengan mulus ,dari 285 Desa kabupaten kerinci bahkan tidak ada yang bermasalah semantara laporan dari berbagai masyarakat begitu banyak karena mereka yang melihat,mengalami,dan mengetahui bahkan perangkat desa,BPD pun banyak yang mengeluhkan kenerja Kades,tak luput dari pantauan awak media dan LSM Kab.Kerinci dan Kota Sungai Penuh namun tetap berjalan mulus dalam hasil Audit di lapangan oleh pihak inspektorat.

Hingga munculah praduga,dari klayak ramai ada Apa dengan isnpektorat, Ketua DPD LSM Petisi sakti angkat Bicara,kita akan Adakan Aksi Demo di kantor Inspektorat dan di kejaksaan sesuai dgn temuan kita di beberapa titik Desa namun sampai di inspektorat aman-aman saja ini perlu untuk di tindak lanjuti oleh pihak kejaksaan

Kepala Inspektorat Kerinci hingga berita ini di publish belum didapatkan jawaban sementara WhatsApp Contreng Dua,dan perna juga di hubungi melalui salah satu staf di kantor inspektorat namun tidak mendapatkan respon Apa-apa bahkan surat dari LSM Semut merah pun tidak di balas.

Nanti saat aksi Demo di situ kita akan sampaikan sedetil-detilnya apa yang di dapat dari hasil Investigasi di lapangan, dari para sumber ,sesuai dengan Laporan yang kita masukan saat aksi Demo biarlah pihak dari kejaksaan yang mendalami nya. (tem)