Iklan

PB
Tuesday, May 23, 2023, May 23, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-23T16:40:38Z
InfoJambi

11 Kali berturut-turut Pemerintah Provinsi Jambi kembali terima Opini WTP dari BPK-RI



JambiPemerintah Provinsi Jambi kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas laporan keuangan tahun anggaran 2022.


Ini disampaikan langsung Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI, Slamet Kurniawan dalam rapat paripurna penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas laporan keuangan Pemprov Jambi tahun anggaran 2022 di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi, Selasa (23/05/2023).


“Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2022, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa
Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2022,” katanya.



“Dengan demikian, Pemerintah Provinsi Jambi telah berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang kesebelas kalinya. Prestasi ini akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah, sehingga akan menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan,” tambahnya.


Namun demikian, atas keberhasilan yang telah dicapai Pemerintah Provinsi Jambi tersebut, BPK masih menemukan beberapa permasalahan terkait pengelolaan keuangan daerah.


Sementara Itu, gubernur Jambi Al Haris usai rapat Paripurna tersebut mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi mendapatkan Opini ke sebelah kali dari BPK.


Namun, Al Haris mencatat beberapa item yang dianggap masih lemah. Terkait itu, OPD bersangkutan akan dilakukan evaluasi kinerjanya.


“Itu maka kami akan evaluasi lagi para pejabatnya kenapa, karena kelihatan nanti dalamnya kurang bagus, kurang baik dalam pengelolaan keuangannya,” kata Haris.


Al Haris minta Inspektorat kembali mengawasi OPD dengan baik. “Awasi betul kerja kinerja regulasi yang sudah ada,” katanya.


Walaupun Provinsi Jambi mendapatkan Opini WTP dari BPK, Al Haris mengaku belum puas diri, karena dia menilai masih ada kelemahan-kelemahan di OPD yang dia Pimpin.


“Karena masih lemah di OPD OPD kita. Seperti OPD Kesehatan, itu nanti kita benahi terus itu,” tutupnya.

Norman_NRD