Iklan

PB
Saturday, May 13, 2023, May 13, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-13T11:42:15Z
InfoJatimSidoarjo

Tim Abdimas Umsida Adakan Pelatihan Pemahaman Fathul Kutub At Tafsir Dan Hadis Untuk Da’i Perdamaian Muhammadiyah



SIDIARJO, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakanpelatihan peningkatan pemahaman fathul kutub at tafsir dan hadis berbasis teknologi.

 

Pelatihan Kegiatan ini dilaksanakan di kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Tim abdimas sendiri diketuai oleh Khoiri dan sebagai anggotanya Anis Farihah dari prodi Informatika, juga melibatkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ustadz Firdaus, seorang aktivis dakwah yang berstatus sebagai mahasiswa pengabdian PUTM Yogyakarta.

 

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yakni para Da’i perdamaian Muhammadiyah Cabang Gedeg dalam bidang pemahaman tafsir dan hadits klasik.

 

Dalam kesempatan ini Khoiri menyampaikan “Pelaksanaan pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan minat literasi pada da’i muhammadiyah terhadap kitab klasik, baik tafsir Al-Quran maupun hadis. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kompetensi para muballigh persyarikatan terutama da’i perdamaian muhammadiyah di wilayah kecamatan Gedeg” ungkapnya.

 

Dalam kegiatan ini peserta yang hadir sebanyak 20 orang. Peserta dalam kegiatan ini berasal dari para Da’i perdamaian muhammadiyah dan kader ortom Muhammadiyah Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto.

 

Dengan adanya kegiatan ini Umsida berupaya akan terus mengembangkan program pengabdian masyarakat sebagai bagian dari catur dharma perguruan tinggi terlebih dalam bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Sehingga kehadiran Umsida sebagai komunitas intelektual bisa dirasakan manfaatnya secara khusus bagi masyarakat sekitar dan masyarakat di Indonesia pada umumnya.{zul}