Iklan

PB
Sunday, June 4, 2023, June 04, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-05T06:11:24Z
InfoJambiKerinci

Bupati Kerinci Dr.H. Adirozal, M.Si Membacakan Pidato Presiden Jokowi Dodo Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global di Hari Lahir Pancasila


KERINCI. - Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, Bupati Kerinci, Dr. H. Adirozal, M.Si didampingi oleh Sekda Kerinci Zainal Efendi, SP., M.Si, Kepala OPD, Asisten, Staf Ahli, Ketua DPRD, Forkopimda, dan Pejabat Fungsional, membacakan Pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global". Upacara ini dihadiri oleh seluruh ASN lingkup Pemkab Kerinci.


Dalam pidatonya, Presiden RI menggarisbawahi pentingnya Pancasila sebagai falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dan dasar negara. Ia menyatakan bahwa Pancasila bukan hanya sekadar bacaan dan pendengaran semata, tetapi harus dipraktekkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari agar nilai-nilai Pancasila dapat tertanam dalam hati bangsa Indonesia.


Presiden juga menyoroti tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam menghadapi perkembangan situasi global yang pesat. Nilai-nilai Pancasila diharapkan menjadi filter penting agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Selain itu, Presiden juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kerukunan dan keutuhan dalam menyongsong pemilihan umum yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.



"Di akhir pidatonya, yang disampaikan Bupati Kerinci menyampaikan terima kasih dan penghormatan kepada para pendiri negara atas warisan luhur Pancasila yang dinikmati hingga saat ini. Ia juga mengapresiasi generasi penerus bangsa yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


"Peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk terus menanamkan, menegakkan, dan menjaga nilai-nilai Pancasila serta berkomitmen untuk membangun peradaban yang maju dan bersatu, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi,"Tutup Bupati 


Diakhir Upacara Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal, M.Si  menyerahkan Surat Keputusan (SK) P3K kepada 36 tenaga kesehatan yang berdedikasi dalam memberikan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kerinci. Selain itu, dalam upaya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kerinci, Bupati juga memberikan penghargaan berupa Piala dan Piagam kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kerinci sebagai penghargaan atas hasil survei Ber-AKHLAK tahun 2022 yang memperlihatkan prestasi luar biasa dalam menjalankan tugasnya,"(AM).