Iklan

PB
Saturday, June 24, 2023, June 24, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-25T03:45:29Z
BogorInfoJabar

Wujudkan Pemuda Penggerak Pembangunan, BAKTI NUSA Helat Leadership Summit 2023


Bogor – Mewujudkan pemuda aktivis yang berorientasi pada pemerataan “equity”, pertumbuhan “growth”, dan keberlanjutan “sustainability” berimbang dalam pembangunan masa depan, Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) menghelat Leadership Summit 2023 bertema Pengembangan Kawasan: Keberpihakan dan Pembelaan Berkelanjutan yang dilaksanakan secara daring. 


BAKTI NUSA sebagai program pengembangan kepemimpinan bagi aktivis mahasiswa berkomitmen membentuk pemimpin berintegritas, cendekia, transformatif, dan melayani guna menjawab tantangan bangsa di ragam bidang, salah satunya pengembangan kawasan. 


Menurut Mochammad Fazar, Pengelola BAKTI NUSA, kondisi program pengembangan sepenuhnya masih belum membuat masyarakat lebih berdaya. “Salah satu penyebabnya adalah masih terbatasnya pelibatan masyarakat dalam perencanaan maupun pelaksanaan program pengembangan,” ujar Fazar. 



“Sebab itulah perlu adanya inisiasi perencanaan pembangunan yang melibatkan pemuda agar sektor pembangunan bisa lebih baik,” tambahnya. 


Diikuti 50 penerima manfaat BAKTI NUSA Angkatan dari 14 kampus di Indonesia (USU, UNAND, UNSRI, UI, IPB, ITB, UNPAD, UNS, UGM, ITS, UNAIR, UB, UNHAS, dan UNUD), Leadership Summit disinyalir menguatkan wawasan konsep rancang bangun dalam perencanaan pengembangan potensi kawasan.


 “Kami ingin para penerima manfaat BAKTI NUSA dapat membangun keberpihakan sebagai wujud aksi pembangunan wilayah berbasis kemasyarakatan serta mendorong kekuatan yang dimiliki dan terlibat dalam optimasi potensi kawasan yang efisien dan berkelanjutan,” jelas Fazar. 


Menghadirkan Bayu Candra Winata, Leadership Designer BAKTI NUSA; Mulyadi Saputra, Kepala Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD); Udhi Tri Kurniawan, Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa; Sugeng Handoko, Aaktivis & Sociopreneur Desa Nglanggeran; Khabib Anwari, Rektor Universitas Pemuda Desa Indonesia (UNIDES); Leadership Summit 2022 diharapkan menjadi perhelatan yang sanggup menghadirkan solusi di era Super Smart Society 5.0


Fazar menjelaskan, Leadership Summit ialah momen terbaik mewujudkan aksi nyata pemuda dalam  meluaskan kebermanfaatan.


 “Menjadi calon pemimpin di era ini bukanlah perkara mudah, namun sedini mungkin para pemuda bisa mencipta gagasan beserta inovasi serta mempersiapkan diri dengan baik agar bisa mengelaborasi kebaikan untuk kontribusi kebermanfaatan lebih luas,” tutupnya. (AR)