Iklan

PB
Saturday, July 29, 2023, July 29, 2023 WIB
Last Updated 2023-07-29T12:55:24Z
InfoJambi

Gubernur Jambi Gelar Syukuran Geopark Merangin diakui UNESCO



Jambi, Gubernur Jambi Al Haris bersama Pemerintah Kabupaten Merangin gelar sedekah dan syukuran atas diakuinya Geopark Merangin Jambi menjadi taman bumi UNESCO.


Sedekah dan syukuran ini berlangsung di taman Geopark Merangin di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Sabtu (29/07/2023).


Al Haris hadir bersama Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris, beserta sejumlah pejabat eselon II Pemprov Jambi.


Bupati dan Wakil Bupati Merangin, Sekda, Ketua DPRD, Kapolres Merangin beserta sejumlah pejabat eselon II Pemkab Merangin juga hadir pada acara syukuran dengan menyembelih satu ekor kerbau bersama warga Desa Air Batu.


Gubernur Jambi Al Haris mengucapkan syukur dengan telah diakuinya Geopark Merangin menjadi salah satu taman bumi dunia UNESCO.


Apa lagi Gubernur Jambi Al Haris sangat mengetahui betul perjalanan Geopark Merangin dari awal sampai diakuinya menjadi situs nasional hingga diakui UNESCO.


“Tahun 2014 saya meneirma piagam geopark nasional bersama geopark Danau Toba waktu itu. Lalu tahun 2015 turun tim penilai dari UNESCO, waktu itu kita bingung idikantornya apa, maka gagal masuk UNESCO,” katanya.


“Kita mulai bentuk tim lagi dan saya lalu terpilih jadi Gubernur Jambi. Alhamdulillah dengan tim solid dan dukungan masyarakat Geopark Merangin diakui UNESCO, tentu itu tidak lepas dari dukungan Pemerintah Provinsi Jambi,” ujar Al Haris.


Gubernur Al Haris berharap Geopark Merangin dikelola dengan baik sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Terkhusus untuk masyarakat Merangin, terutama warga yang tinggal dikawasan inti Geopark Merangin Jambi, Al Haris berpesan agar menjaga warisan bumi yang telah diakui dunia Internasional tersebut.


“Ketika sudah terdaftar di UNESCO, tentu berikutnya bagaimana kita mengelolanya, karena banyak Geopark yang tidak bergerak. Geopark tujuan akhir memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, kalau kunjungn tidak ada sama dengan tidak. Oleh sebab itu saya minta dinas Pariwisata Jambi dan Merangin untuk studi tiru ke Geopark lain yang audah baik pengelolaannya. Saya berharap pertama warga desa disini harus menjaga dengan baik aset ini,” sebutnya.


Norman _ NRD