Iklan

PB
Monday, October 16, 2023, October 16, 2023 WIB
Last Updated 2023-10-16T10:54:22Z
InfoSolselSumbar

Kembali Terjadi Pengikatan Diri Ketiang Bendera Oleh Warga Di Kantor Wali Nagari Pulakek Koto Baru




Solsel, Senin 16 Oktober 2023 Masyarakat nagari Pulakek Koto Baru kembali mendatangi kantor wali nagari Pulakek Koto Baru melakukan aksi demo damai, mempertanyakan tindak lanjut dari surat berita acara dan surat keputusan rapat istemewa Bamus nagari pulakek koto baru tanggal 2 Oktober 2023 yang telah disepakati bersama. 


Dalam aksi demo damai ini kembali terjadi pengikatan diri oleh salah satu masyarakat ketiang bendera dikantor wali nagari Pulakek Koto Baru, aksi ini dilakukan oleh masyarakat dikarenakan belum ada keputusan yang jelas tentang realisasi berita acara dan surat keputusan rapat istimewa Bamus nagari pulakek koto baru yang diterbitkan pada tanggal 2 Oktober 2023 tersebut


Menurut salah satu tokoh masyarakat berita acara dan surat keputusan rapat istimewa nagari pulakek koto baru yang pada tanggal 2 Oktober 2023 tersebut dihadiri oleh camat Sungai Pagu, Bamus Nagari Pulakek Koto Baru, LPMN Nagari Pulakek Koto Baru, dan disaksikan oleh Polsek Sungai Pagu yang diwakili oleh Wakapolsek, Serta plt Danramil kecamatan Sungai Pagu, babinkatibmas nagari pulakek koto baru, babinsa nagari pulakek koto baru, tokoh masyarakat, ninik mamak, di dalam berita acara tersebut ada 2 poin yang telah disepakati.



Dalam berita acara tersebut poin 1 berbunyi tentang pelaksanaan penyaringan dan penjaringan wali jorong kapalo bukik diulang, poin 2 diminta kepada pemkab Solok Selatan untuk mengganti pj wali nagari pulakek koto baru. Karena menurut masyarakat pj wali nagari pulakek koto baru terkesan membiarkan terjadinya kisruh dalam kenagarian pulakek koto baru tersebut. 


Sementara menurut salah satu masyarakat bernama Satria Marzoni yang mengikatkan diri ke tiang bendera kantor wali nagari pulakek koto baru, mengatakan bahwa apa yang dilakukan dirinya dan masyarakat adalah untuk meminta keadilan kepada pemerintahan, dan bukan untuk kepentingan pribadi atau mencari sensasi.


Diwaktu yang bersamaan awak media mengkonfirmasi kepada perangkat nagari pulakek koto baru yang diwakili oleh Tabrani sebagai sekretaris nagari pulakek koto baru mengatakan bahwa dengan adanya kisruh dikenagarian pulakek koto baru ini perangkat dan staff nagari pulakek koto baru merasa tidak nyaman dan tidak bisa bekerja maksimal. Dan juga sangat berharap agar permasalahan ini segera dapat diselesaikan dengan baik.


Bapak Ibrahim, SH.MM selaku camat Sungai Pagu atas kesepakatan dengan masyarakat mengeluarkan berita acara yang mana untuk sementara pj wali nagari Pulakek Koto Baru ELFARIZA, A.Ma.Pd.OR sampai ada keputusan yang pasti untuk tidak melakukan tugas sebagai pj wali nagari pulakek koto baru atau dinonaktifkan, dan masyarakat meminta untuk pj wali nagari tersebut diganti. (Cherry)