Iklan

PB
Tuesday, February 27, 2024, February 27, 2024 WIB
Last Updated 2024-02-27T09:12:22Z
InfoJatimSidoarjo

Ketua MGBK Jupiter ajak Guru Disiplin

Ketua MGBK SMA Se Sidoarjo Jupiter Sulifan, MPsi memberikan sambutan (foto : Zulkifli/PORTALBUANA NEWS.COM)

Tulangan Sidoarjo, Ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA Se Sidoarjo Jupiter Sulifan, MPsi himbau anggotanya agar selalu disiplin waktu dalam setiap kegiatan pertemuan. Hal itu disampaikan Jupiter saat pembukaan  pertemuan ke-6 MGBK sekaligus seminar deteksi dini dan dan penanganan kasus Self Harm (menyakiti diri sendiri) pada peserta didik SMA oleh Dr Era Wahyuni MPsi Psikolog dari Psikologi FISIP Universitas Trunojoyo Madura. Kegiatan berlangsung di SMA Negeri 4 Sidoarjo Senin 26/2/2024.  


Pembina MGBK SMA Sidoarjo Moh.  Sahrul, SPd MM  (foto Zulkifli/portalbuananew.com)

Jupiter sangat menyanyangkan, masih banyak guru yang terlambat hadir dalam kegiatan yang sesuai rencana awal dimulai pukul 10.00 tepat, akhirnya mundur menjadi pukul 10.40, “alhasil dikhawatirkan kegiatan seminar tidak bisa diikuti dengan maksimal, karena terbatasnya waktu,”Ungkapnya.


Menurut Jupiter, kedisiplinan hadir tepat waktu dalam pertemuan harus diterapkan seorang pendidik, baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Disiplin merupakan kunci keberhasilan dalam setiap tugas, jika disiplin waktu diabaikan, pasti akan mendatangkan kerugian.  “Untuk itu kami selaku pengurus sangat mengharapkan perhatian dan kedisiplinan teman-teman guru BK untuk pertemuan MGBK selanjutnya, ujar guru senior Bimbingan Konseling SMA N 1 Taman Sidoarjo itu. 


Lebih jauh, dia berharap dengan adanya seminar bisa menambah wawasan guru BK tentang perbuatan menyakiti diri sendiri bagi anak-anak SMA, faktor-faktor penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. “semoga bermanfaat bagi seluruh peserta dan penuh semangat,”tutup PNS yang tidak lami lagi akan memasuki purnatugas. 


Para guru BK SMA se Sidoarjo mengikuti seminar di Aula SMAN 4 Sidoarjo (Foto Zulkifli/portalbuananew.com)
Hal senada juga disampaikan Pembina MGBK Mohammad Sahrul SPd MM, dirinya merasa khawatir telat datang, tetapi ternyata dirinya datang lebih awal dari teman-teman BK yang datangnya telat, sindir Kepala SMANOR Sidoarjo itu.  



Meskipun, dirinya tetap sangat senang dan berterimakasih telah diamanahi Pembina MGBK, sehingga dapat bersama-sama guru BK yang hebat dan tentunya bisa saling sharing ilmu. “walaupun saya berlatar belakang Pendidikan olahraga, “Insya Allah tetap bisa berkolaborasi untuk mewujudkan keinginan bersama memajukan guru-guru Bimbingan Konseling, “ujar guru Olahraga yang juga mengaku sebagai Pembina MGMP Agama Islam tersebut(*)
Penulis : Zulkifli
Editor : Sudirman Chan