Iklan

PB
Thursday, May 2, 2024, May 02, 2024 WIB
Last Updated 2024-05-03T04:08:07Z
InfoJatimSidoarjo

Ketua Forum MGBK SMA Sidoarjo Ucapkan Terimakasih ke Umsida

Ketua MGBK SMA Negeri/Swasta se Sidoarjo Jupiter Sulifan, M.Psi memberikan kenang-kenagan cindera mata kepada salah satu perwakilan Guru BK yang purna tugas Drs. Edy Santosa, M.Si dari SMA N 1 Tarik (Foto Zulkifli/PORTALBUANANEWS)

Sidoarjo, Ketua MGBK SMA Negeri dan Swasta se  Sidoarjo Jupiter Sulfian, M.Psi mengucapkan rasa bangga dan terimakasih kepada pihak Umsida, yang sudah memfasilitasi pertemuan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA dan SMK Se Sidoarjo di Graha Umsida Trawas Mojokerto.


Kegiatan yang mengangkat tema Seminar dan Kerjasama Partnership Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan Forum Forum MGBK SMA dan SMK Kabupaten Sidoarjo berlangsung selama dua hari yakni Jumat – Sabtu 26-27/4/2024.


Dalam sambutannya, Jupiter mengatakan ada tiga agenda besar dalam kegiatan pertemuan, pertama, Halal Bi Halal sesama guru Bimbingan Konseling (BK) SMA dan SMK Negeri/Swasta se Sidoarjo serta dengan pihak Umsida. “mumpung masih berada dalam bulan syawal, mari kita saling memaafkan, “Taqobbalallaahu minna wa minkumTaqobbalallaahu yaa kariim, “ujar Guru BK senior SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo itu.


Kedua lanjutnya, pemberian cindera mata kepada guru BK yang memasuki purna tugas diantaranya Edy Santosa, MSi (SMAN 1 Tarik), Jamal, S.Pd (SMA Persatuan Bhayangkari 3 Porong) dan Dra. Dra. Woro Eka Mei Rini (SMA Petra 4 Sidoarjo).


 “semua mereka merupakan guru BK senior yang sudah berjuang memajukan pendidikan terutama Forum MGBK. “Kita doakan semoga selalu diberikan kesehatan dan umur yang barokah oleh Allah SWT.  Aamiin, “Ujar Jupiter seraya diamini peserta lainnya. 

Para peserta Forum MGBK SMA/SMK se Sidoarjo berfoto bersama pemateri dan panitia dalam kegiatan seminar di Graha Trawas Umsida Jumat, 26/4/2024 (Foto Zulkifli/PORTALBUANANEWS)

Selanjutnya yang ketiga, pertemuan juga sebagai sarana mencari Ilmu dan menambah wawasan guru BK terutama update (perkembangan terbaru) disiplin ilmu Bimbingan Konseling yang diberikan oleh para ahlinya diantaranya Dr Eko Hardi Ansyah MPsi memberikan materi tentang meningkatkan keterampilan Asertif pada siswa. Kemudian kedua, Dr. Eny Fariyatul Fahyuni SPsi MPsi dengan tema Pengenalan Aplikasi Mobile Counseling Online. 


"Pada prinsipnya ilmu BK itu selalu berkembang setiap zaman, jadi kita sebagai guru wajib update dan mengupgrade ilmu terbaru, “ungkap Guru berkumis rapi itu.


Kedepannya Ketua Forum MGBK SMA Negeri/Swasta itu berharap Kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak, bisa terus berlanjut dan ditingkatkan lagi. “Semua Guru BK pada dasarnya sangat butuh sharing Ilmu dan berbagi pengalaman dari para Dosen, terutama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada siswa di sekolah masing-masing, “jelasnya. 


Kemudian begitu juga dari pihak Umsida tentu sangat berharap ada feedback positif dari Bapak Ibu MGBK, terutama saat memberikan pendampingan kepada siswa kelas XII dalam memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tepat. 


Sebagai guru BK tentu boleh saja memberikan wacana atau rekomendasi kepada siswa, terkait kampus yang terbaik dengan kriteria memenuhi persyaratan akreditasi yang unggul, fasilitas perkuliahan yang memadai, sarana prasarana yang mendukung, tenaga pengajar yang berkualitas  dan pembiayaan yang terjangkau. “Insya Allah semua itu ada di Umsida, tukuk Guru BK yang ramah itu. 


Hal senada juga disampaikan ketua MGBK SMK Negeri/Swasta se Sidoarjo Drs Amsori. Guru yang paling senior di SMK Negeri 1 Buduran itu mengajak para guru MGBK agar memperbanyak rasa syukur atas nikmat kesehatan dan  umur yang barokah yang diberikan Allah SWT. "Sebagai Insan yang beriman, mari kita doakan teman-teman guru seperjuangan yang sudah wafat,  Agar Amal kebaikkannya diterima Allah SWT. Aamiin. ucapnya mengakhiri.   (*)
Penulis : Zulkifli
Editor :