Iklan

PB
Friday, January 27, 2023, January 27, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-28T05:25:45Z
InfoSolselSumbar

Mesjid yang ke 203 di Solok Selatan diresmikan oleh Ketua DPRD dan Wakil Bupati Solok Selatan


Solsel - Ketua DPRD, Zigo Rolanda dan Wakil Bupati ( Wabup ) Solok Selatan meresmikan penggunaan Masjid Nurul Iman di Jorong Pulakek Tangah, Nagari Pulakek Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Jumat 27 Januari 2023.


Wabup mengatakan Masjid Nurul iman akan menjadi mesjid ke-203 di Solok Selatan berdasarkan data Simas ( sistem informasi masjid) Solok Selatan .


“ Di Nagari Pulakek sendiri ada 6 masjid, sedangkan berdasarkan data Simas di Kecamatan Sungai pagu sudah bediri 35 masjid, dan ada 203 masjid serta sebanyak 366 Musala di Solsel.” ungkapnya.


Dia berharap peresmian ini mampu meningkatkan SDM yang berkarakter beriringan dengan visi misi pemerintah kabupaten Solok Selatan.



“sesuai visi misi kepala daerah dalam peningkatan kualitas SDM berkarakter, sehingga didirikan Tahfiz Alquran setiap jorong untuk menciptakan generasi muda yang relegius,” katanya.


Wabup menghimbau agar masyarakat bersama sama menjaga , membangun dan meramaikan masjid.


“Harusnya masjid menjadi pemersatu umat, dan untuk semua kegiatan pendidikan keagamaan. Mari kembangkan dan rawat sarana masjid untuk anak cucu kita. Ini kewajiban kita bersama-sama. Insyaallah Pemkab Solsel juga bakal mengalokasikan anggaran dan tim safari Ramadhan Pemkab akan kunjungi masjid ini nantinya,” tambahnya.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda mengajak masyarakat saling bahu membahu dalam pembangunan masjid untuk dijadikan ladang amal ibadah. Dalam pembangunan tempat ibadah ia akan mendukung sepenuhnya karena bagian dari tanggung jawab DPRD Solok selatan.


“Masjid ini insyaallah kita resmikan dan bagian tanggung jawab kita bersama dalam pembangunan kedepannya. Kami pasti menyetujui usulan pembangunan masjid ini kedepannya,” katanya.


Sebelumnya, Pengurus Masjid Nurul Iman, Firdaus S.E menyatakan keyakinannya bahwa Masjid Nurul iman ini akan menjadi masjid yang representatif karena keberadaannya yang berdiri dipinggir jalan nasional.


Disebutkan bahwa pembangunan masjid tersebut merupakan hasil wakaf dan swadaya masyarakat sekitar.


“Kami bersama panitia telah melakukan perluasan tanah masjid seluas 734 meter persegi dan dilakukan pembayaran Rp90 juta, tersisa Rp130 juta yang belum dibayarkan. Sedangkan luas bangunan masjid 266 meter persegi berupa tanah wakaf dari Datuak Rajo indo. Total lahan yang tersedia saat ini kurang lebih 1.000 meter persegi,” jelasnya.


Pihaknya berharap ada program Pemkab Solsel untuk membantu kelanjutan pembangunan Masjid Nurul Iman.


Selanjutnya, PJ. Wali Nagari Pulakek Koto Baru, Afrimon mengucapkan terimakasih pada seluruh pengurus masjid dan panitia pembangunan.


“harapan kami pak, agar nanti dimasukkan dalam agenda kunjungan oleh tim Safari Ramadhan Pemkab Solsel.


Ikut hadir dalam acara peresmian ini, Sekdakab solsel, Asisten 1 dan 2, Staff Ahli, Camat, Kapolsek Sungai Pagu dan Kepala OPD beserta jajarannya. ( cherry ).-