Iklan

PB
Monday, February 27, 2023, February 27, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-28T04:42:04Z
InfoJambiPendidikan

Akademisi muda aktif Institut Agama Islam Muhammad Azim (IAIMA) Ditunjuk YPJ Sebagai Pjs Rektor Unbari


Jambi,- Yayasan Pendidikan Jambi (YPJ) menunjuk Dr. Saidina Usman El-Quraisy, S.Sos., M.Phil, sebagai Pjs Rektor Universitas Batanghari (Unbari), yang mulai bertugas pada Senin 27 Februari 2023 kemarin. 
 Camelia Puji Astuti, Ketua Yayasan Pendidikan Jambi (YPJ) mengatakan, SK penunjukan dikeluarkan oleh YPJ yang ditanda tangani pada 10 Februari 2023 lalu. 
 "Ditandatangani 10 Februari, Pak Pj Rektor mulai bekerja tertanggal 27 Februari," katanya. 


Camelia mengatakan, PJ Rektor Unbari ini, akan bertugas untuk menegakkan Tridharma Perguruan Tinggi di Unbari. Dia memiliki harapan besar kepada Usman untuk memimpin Unbari.


"Faktanya, Unbari ini adalah perguruan tinggi swasta terbesar dan tertua di Provinsi Jambi," katanya.
Penunjukan PJ Rektor ini, juga sebagai bentuk pertanggungjawaban YPJ terhadap Unbari, untuk mencapai keabsahan proses belajar dan mengajar. 
 "Dari rapat pengurus yayasan, maka kita putuskan saudara Saidina Usman sebagai Pj Rektor. Kami berharap Saudara Usman bisa melanjutkan tugas rektor," ujarnya. 


Terkait dengan polemik di Unbari beberapa waktu belakangan, Camelia menegaskan, bahwa hal tersebut adalah biasa. Persoalan juga sudah selesai, ketika YPJ memberikan persetujuan bersama Kemendikti menunjuk Kepala LL Dikti X sebagai Pjs Rektor beberapa waktu lalu. Dalam hal ini, menurutnya YPJ memberikan  mengapresiasi positif kepada  Kemendikti. 


"Saat ini terkait penunjukan Dr Saidina Usman sebagai Pjs Rektor Unbari, adalah estafet yang biasa terjadi di PTS dan sesuai dengan Statuta Unbari dan Permendikti yang sudah juga dilaporkan ke LL Dikti X dan Kemendikti. Saya kira hal itu biasa dan sudah selesai, Yayasan Pendidikan Jambi intens melakukan pelaporan, konsultasi dan pertimbangan baik ke LL Dikti X maupun Kemendikti," katanya.


Dia mengatakan, sejak tahun 1985, penyelenggara Unbari itu adalah Yayasan Pendidikan Jambi. Dan penunjukan rektor, adalah kewenangan yayasan."Bahkan sampai tahun terakhir kemarin, akreditasi Unbari selalu menyertakan Yayasan Pendidikan Jambi sebagai Badan Penyelenggara," katanya. 


Jabatan Pjs Rektor ini sendiri berlaku selama tiga bulan. Ketika habis masa berlaku, maka bisa diperpanjang kembali. 


Sementara itu, Dr. Saidina Usman El-Quraisy, S.Sos., M.Phil, Pjs Rektor Unbari yang baru ditunjuk mengatakan, dirinya sudah siap untuk bertugas memimpin Unbari. Langkah pertama, dirinya mengatakan akan melakukan konsolidasi ke semua pihak yang ada di lingkup kampus Unbari. 


 "Kita tau, proses terus berjalan. Saya memiliki amanah untuk melanjutkan Tridarma Perguruan Tinggi di Unbari ini. Semua hal yang berkaitan dengan proses Tridarma, membutuhkan konsolidasi internal. Unbari ini baik-baik saja, tapi kita butuh bersinergi untuk tetap solid," katanya. 


Dr. Saidina Usman El-Quraisy, S.Sos., M.Phil sendiri, merupakan akademisi muda, yang aktif di Institut Agama Islam Muhammad Azim (IAIMA) yang sebelumnya STAI AHSANTA. Pada 2018-2022, dirinya menjabat sebagai Wakil Rektor I. Pria kelahiran 1988 ini, juga aktif sebagai dosen di Universitas Jambi, di Fakultas Hukum.
 

Pada hari pertama dia bertugas, Dr. Saidina Usman juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan berwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unbari. Para perwakilan mahasiswa ini, memberikan masukan dan menyampaikan uneg-unegnya kepada Pjs Rektor Unbari yang baru saja ditunjuk tersebut.(WD)