Iklan

PB
Wednesday, February 22, 2023, February 22, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-22T13:12:34Z
InfoLabuhanbatuSumut

Wakili Bupati, Asisten III buka Forum Konsultasi Publik Penyusunan RKPD Tahun 2024


LABUHANBATU, Mewakili Bupati, Asisten III Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Zaid Harahap, S.Sos., MM., membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu 2024 yang diselenggarakan Bappeda Labuhanbatu di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu, Rabu (22/2/2023). 


Zaid mengatakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2024 merupakan tahapan dan mekanisme Musrenbang Perencanaan Pembangunan Sebagai wujud implementasi dari UU No. 25 Tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dengan berpedoman pada peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 Tahun 2017 tentang tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. 



"Forum ini merupakan wadah untuk menjaring ide, pemikiran, pandagan, saran dan masukan pembangunan baik dari perangkat daerah, masyarakar, maupun stakeholders lainnya sebagai ruang komunikasi terhadap isu dan target pembangunan dari sudut pandang publik terhadap prioritas serta sasaran pembangunan pada tahun 2024," ucap zaid. 


Tema RKPD Tahun 2024 adalah Percepatan Menuju Kabupaten Cerdas yang Inovatif, Produktif dan Kolaboratif, serta Berkelanjutan.  Adapun fokus pembangunan berdasarkan tema tersebut diarahkan kepada Peningkatan Sumber Daya Manusia, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Smart Governance), Pemulihan ekonomi yang mengarah pada Ekonomi Cerdas, Peningkatan Kualitas Infrastruktur yang berwawasan lingkungan, dan Optimalisasi pengembangan Potensi Sumber Daya Alam khususnya di Wilayah Pesisir. 



"Keberhasilan pembangunan tidak terlepas dari sumber-sumber pembiayaan dan kolaborasi dari seluruh Stakeholders terkait, baik itu Pemerintah, akademisi, dunia usaha, masyarakat, maupun media," jelasnya. 


Mengakhiri arahannya, Zaid mengajak para peserta Forum Konsultasi untuk bersungguh sunggu dalam konsultasi publik, sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan Pembangunan Labuhanbatu. 



Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi oleh Direktur Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Direktur Regional I Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Bappelitbang Provsu, Kepala Unit Data dan Statistik Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, Kepala BPS Labuhanbatu, dan Kepala Bappeda Labuhanbatu kemudian diakhiri dengan tanya jawab dan ramah tamah. 


Hadir dalam kegiatan ini Asisten II Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, beberapa Kepala OPD, para Staf Ahli Bupati, beberapa Camat, perwakilan OPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, insan pers, dan hadirin undangan lainnya.(Rahmad)