Iklan

PB
Tuesday, August 15, 2023, August 15, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-15T09:44:01Z
InfoJambiTebo

Institut agama Islam (IAI)Tebo laksanakan pembukaan pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan tahun akademik 2023/2024



Tebo, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023 Institut Agama Islam (IAI) kabupaten Tebo dibuka di Halaman kampus institut agama Islam, dalam tema "terus melaju untuk Indonesia maju"selasa (15/8/2023) pagi.


Turut hadir Sarbaini wakil rektor 1, Suhaimi wakil rektor 2,sarbawi wakil rektor 4,dan para dosen prodi sesuai kejuruan masing dan dihadiri oleh beberapa organisasi yang ada di institut agama Islam seperti resimen mahasiswa (menwa),mapala,dan Pramuka 



Kegiatan yang akan berlangsung selama 3 hari itu dibuka langsung oleh ketua panitia Dodi putra S,Pd,M,Pd,i dengan memaparkan program biaya siswa yang ada di institut agama Islam (IAI)tebo di hadapan 133 Mahasiswa Baru (Maru) dari semua Program Studi (Prodi) sesuai bakat dan surve team 


Dodi putra S,Pd, M,Pd,i selaku ketua panitia  menjelaskan, PBAK digelar untuk mengenalkan cakrawala berpikir dinamis bagi calon akademisi yang sesungguhnya.



“Acara ini juga dimaksudkan untuk menguatkan kapasitas keilmuan Maru, sebagai modal gerakan berpikir akademis dengan pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman di dunia kampus,” ungkapnya kepada media portal buananew com Selasa (15/8/2023).


Dodi  memaparkan, ada tiga hal yang harus ditanamkan dalam diri Maru tahun ini. Pertama, pengembangan jiwa literasi leadership yang peka terhadap dinamika sosial hari ini.



Kedua, menanamkan jiwa literasi yang kuat melalui pengembangan keterampilan kepenulisan yang baik selama proses PBAK berlangsung. Sebuah keharusan seorang akademisi untuk menguasai hal itu,” tambahnya.


Kemudian ketiga, lanjut Dodi, yaitu penanaman kesadaran akan pentingnya kemandirian ekonomi melalui pengenalan literasi wirausaha. Harapannya, ketika sudah terjun ke masyarakat, alumni IAI institut agama Islam mampu beradaptasi dan berkompetisi secara sehat.



Yang tidak kalah penting, yaitu penanaman kesadaran pentingnya kepedulian terhadap lingkungan agar bijak dalam menumbuhkan dan mengelola jati diri sendiri. Hal itu juga menjadi atensi kami ke depan,” terangnya.


Kata Dodi, sudah saatnya maha siswa baru dengan semangat tinggi untuk menggantikan kami disaat pensiun kelak dan dapat terus "melaju untuk Indonesia maju"



“Semoga mahasiswa baru (Maru), untuk kedepannya dapat memberikan contoh untuk maru selanjutnya dan mari bersama-sama kita majukan institut agama Islam (IAI)Tebo , karena institut agama Islam Tebo banyak sekali progam untuk meraih impian dalam dunia perkuliahan melalui beasiswa,” tutup nya

jurnalis 
Rio Andika