Iklan

PB
Friday, March 24, 2023, March 24, 2023 WIB
Last Updated 2023-03-25T04:38:39Z
InfoJatimPendidikanSidoarjo

UMSIDA Adakan Pelatihan Management Pembelajaran Untuk Guru TPQ

SIDOARJO, Manajemen dan tata kelola Taman Pendidikan al-Qur’an yang baik, menjadi salah satu problem yang perlu medapatkan perhatian. 


Kali ini Tim Abdimas al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melaksanakan program pengabdian masyarakan berupa Pelatihan manajemen pembelajaran yang efektif di TPQ AT-TAQWA. 


Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 18 Maret 2023 bertempat di SD Muhammadiyah 8 Tulangan. 

Tim abdimas terdiri dari dua dosen prodi informatika yakni Anis Farihah dan Khoiri beserta mahasiswa.


Tujuan dari kegiatan pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada para guru TPQ tentang manajemen dan metode pembelajaran yang baik dan efektif untuk diterapkan didalam pembelajaran Al-Quran di TPQ AT-TAQWA.


Dalam kesempatan ini ketua abdimas Anis Farihah menyampaikan “Untuk menghasilkan lulusan santri yang berkualitas maka dibutuhkan manajemen pembelajaran yang baik dan efektif. 


Harapan dengan adanya kegiatan ini kedepannya TPQ AT-TAQWA lebih tertata lagi manajemen pembelajarannya dan tentunya bisa berkembang lebih baik lagi.” ujarnya


Dalam kegiatan ini peserta yang hadir sebanyak 20 orang. Peserta dalam kegiatan ini difokuskan untuk guru TPQ AT-TAQWA sebagai tempat abdimas dan juga melibatkan beberapa pengajar dari TPQ amal usaha Muhammadiyah yang ada di daerah sekitar.


Narasumber dalam kegiatan ini yakni Ust. Iswahyudi, S.Ag menerangkan materi tentang sistem dan mutu pembelajaran Al-Quran di TPQ
Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab setelah narasumber selesai menyampaikan materi. 


Sesi tanya jawab berlangsung sangat interaktif sehingga acara pelatihan ini berjalan dengan lancar.


Luthfiyatiningsih selaku peserta dari TPQ AT-TAQWA sangat senang sekali karena baru kali ini ada acara seperti ini “Harapannya semoga kedepannya kegiatan ini dapat diadakan kembali supaya kita mendapat ilmu yang baru lagi atau mengulang ilmu yang telah didapat kemarin” ungkapnya.


Umsida secara konsisten akan terus mengembangkan program pengabdian masyarakat sebagai bagian dari catur dharma perguruan tinggi terlebih dalam bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. 


Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan islam diberbagai lapisan masyarakat.(Zul)