Iklan

PB
Monday, May 8, 2023, May 08, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-25T18:45:30Z
InfoSolselSumbar

Disanggah, Penetapan Ketua Pansus Tata Tertib DPRD Solsel Gaduh


Solsel,  – Rapat Paripurna DPRD Solok Selatan terkait pembentukan dan penetapan pimpinan dan keanggotaan Panitia Khsusus (Pansus) Pembahasan Rancangan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Solok Selatan heboh di depan Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi.


Hal ini disebabkan adanya sanggahan dari Anggota DPRD Solok Selatan David Taster dari Fraksi Gerindra, dia menilai nama-nama Calon Ketua dan Wakil Ketua Pansus yang diumumkan Yendri Susanto sebagai Pimpinan Rapat Paripurna tidak sesuai dengan yang diusulkan.


“Kenapa Ketua dan Wakil ketua Pansus yang sudah disepakati kemudian di rubah-rubah. Awalnya disodorkan nama Mursiwal, kenapa yang ditetapkan Afri Nofriadi yang terpilih dengan Dedi Arisandi,” tegas sanggahan David Taster di ruang Sidang DPRD Solok Selatan, Senin (8/5/2023) di Golden Arm.


Dengan kondisi dipertanyakan David Taster sehingga Pemilihan Ketua Pansus juga mendapatkan masukan dan kritikan dari fraksi-fraksi lainnya di DPRD Solsel.


Di dalam ruangan sidang DPRD Solsel, hal ini menghebohkan suasana, masih mendapatkan perdebatan antara pimpinan sidang yang dipimpin Yendri Susanto dengan fraksi. Pimpinan sidang membacakan bahwa Ketua Pansus terpilih Afri Nofriadi dan Wakil Ketua Dedi Arisandi.


“Saya tidak mengada-ngada. Siapa saja yang terpilih saya mendukung, tapi tidak seperti ini. Ada perubahan. Saya terima siapa saja yang akan di pilih, dan terpilih,” jelasnya.


Wahyu Hidayat dari Fraksi Bintang Demokrat di depan gorum meminta sebaiknya pemilihan Ketua dan Wakil Ketua diulangi lagi, sehingga tidak ada saling mengkritisi dalam rapat paripurna ini.


“Kan gak enak juga sama Pak Mursiwal, sebagusnya kita berembuk kembali memilih calon ketua pansus,” ujarnya.


Mursiwal dari Fraksi Nasdem juga tidak terima, dia juga minta fraksi-fraksi berembuk kembali dan memilih kembali calon ketua pansus seperti biasa.


“Ya harus di ulangi, kan tadi saya yang terpilih,” tegasnya menanggapi.


Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, menyebut dari luar forum berapa orang menyodorkan nama Mursiwal menjadi Ketua Pansus. Pemilihan harus di forum dan bukan di luar forum.


“Pak Mursiwal dari awal kan sudah menolak. Kalau ada yang tidak setuju, kita ulang kembali pemilihan,” terangnya memberikan masukan.


Dengan terjadi perdebatan tersebut, Fraksi-Fraksi DPRD Solok Selatan masing-masing partai kembali berembuk memilih siapa yang akan dipilih ulang dalam forum musyawarah untuk menjadi Ketua dan Wakil Ketua Pansus tata tertib DPRD Solsel.


Akhirnya utusan Fraksi-Fraksi di DPRD Solsel berembuk kembali untuk mencari dan memilih Pansus yakni David Taster, Mursiwal, Hidayat, Syafril, Shokihin, Afri Nofriadi, Afrinaldi Ali, dan Afrizal Chandra.


“Terpilih Wahyu Hidayat sebagai Ketua dan Mursiwal sebagai Wakil Ketua Pansus,” terangnya.


Pimpinan Rapat Paripurna Yendri Susanto membacakan Ketua dan Wakil Ketua Pansus Tata Tertib DPRD Solsel terpilih sebelum penutupan sidang paripurna tersebut. ( cherry )