Iklan

PB
Monday, June 26, 2023, June 26, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-26T18:06:52Z
InfoJambi

KOLABORASI 14 Pemda Gubernur Al haris bersama Dirjen Kebudayaan luncurkan Kenduri Swarnabumi Tahun 2023


JAMBI, Gubernur Jambi Al Haris bersama Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Hilmat Farid secara resmi meluncurkan Kenduri Swarnabhumi 2023.


“Tentu kehadiran Kenduri Swarnabhumi di Provinsi Jambi ini sangat memberikan dampak yang positif kepada kami seluruh masyarakat Provinsi Jambi,” ujar Gubernur Al Haris pada pembukaan kenduri Swarnabhumi di Halaman GOS Kota Jambi, Sabtu (24/06/2023).


Di tambah ka Al Haris“Candi Muaro Jambi dan Sungai Batanghari saling terkait karena tidak akan mungkin adanya Candi Muaro Jambi dan Budaya Batanghari tanpa adanya sungai yang kita cintai ini. Sungai itu adalah Sang Bengawan terpanjang di Pulau Sumatera ini, Sungai Batanghari tempat bernaungnya Warisan Budaya Nusantara, dari Kerajaan Sriwijaya, Dharmasraya serta Melayu Kuno,” ucap Al Haris.


Gubernur Al Haris menambahkan “Kami berharap pelaksanaan Kenduri Swarnabhumi ini dapat menjadi pesan moril untuk menjaga kelestarian sungai Batanghari tersebut, terutama kepada masyarakat yang tinggal di pinggir sungai Batanghari haruslah menjadi orang yang pertama mengawal sungai Batanghari,” sebut Gubernur Jambi



Lebih lanjut Gubernur Provinsi Jambi Al Haris mengungkapkan, Provinsi Jambi memiliki potensi kekayaan alam untuk bisa masuk UNESCO yaitu Geopark Merangin dan Candi Muaro Jambi.


“Alhamdulillah Geopark Merangin sudah resmi masuk dalam UNESCO, dimana sertifikat nya akan diserahkan pada bulan September di Marocco. Tinggal lagi candi Muaro Jambi akan kita dorong untuk masuk UNESCO pada tahun 2025 nanti dibawah bimbingan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI. Jika sudah ada 2 warisan dunia di Provinsi Jambi, tidak ada alasan lagi Menteri Perhubungan RI menjadikan Bandara Sultan Thaha menjadi Bandara Internasional,” ungkap Al Haris.

Norman_nrd