Iklan

PB
Monday, January 30, 2023, January 30, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-31T05:48:04Z
InfoJambiKerinci

Festival Kerinci Kembali Masuk Kharisma Even Nusantara (KEN) Tahun 2023


KERINCI, - Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal, M.Si dan Kadis Pariwisata Juanda Sasmita Menghadiri Acara SEREMONIAL PELUNCURAN KEN & SPORTIVE.


FESTIVAL KERINCI Masuk KHarisma Event Nusantara (KEN) 2023 untuk Ketiga kalinya yg di Lounching DI TMII. Sabtu 28/01/2023.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada Sabtu, 28 Januari 2023. Peluncuran event ini diharapkan dapat kembali menggerakkan pariwisata di Indonesia.



Acara berlangsung di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Hal itu sebagai upaya menggeliatkan ekonomi dengan menghadirkan event-event daerah yang berkualitas.


Di tahun ketiganya, Kharisma Event Nusantara kembali merangkum 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia. Proses kurasi KEN 2023 telah dilakukan pada November-Desember 2022 lewat tiga tahapan utama yaitu seleksi administrasi, konsep, dan wawancara.


KEN 2023 mampu mendorong kebangkitan daerah, saya melihat dari tiap event dari Sabang sampai Merauke, semua mampu untuk menggerakkan perekonomian daerah, mulai dari event budaya, event olahraga, sampai event yang berkaitan dengan festival.



Masuknya Festival Kerinci dalam Kharisma Event Nusantara Calender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan kali ketiga di dapat, setelah sebelumnya pada tahun 2020 masuk Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia.


Festival Kerinci yang diselenggarakan tiap tahun di dermaga Danau Kerinci ini telah masuk kedalam KEN sejak 2022 dan bisa disebut sebagai event Pesona Wisata dan Budaya terbesar di Provinsi Jambi. FK dihelat dalam rangka melestarikan nilai–nilai budaya dan mempromosikan pesona wisata dan budaya Kabupaten Kerinci.


"Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci Juanda Sasmita saat di hubungi Lewat WhatsApp, membenarkan bahwa Festival Kerinci masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Calender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2023.


"Kadis Pariwisata Juanda Sasmita, mengatakan Dari 514 Kabupaten dan Kota di Indonesia tercatat hanya 72 Kabupaten dan Kota yang Eventnya masuk ke dalam KEN 2023. "Kerinci salah satu Kabupaten yang eventnya masuk dalam KEN Tahun 2023" katanya."(AM)