Iklan

PB
Saturday, February 18, 2023, February 18, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-18T17:57:27Z
InfoJambiKerinci

Enicgia Ketua PPK Gunung Kerinci, Himbau Warga Untuk Sambut Kedatangan Pantarlih



KERINCI. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) bersama Panitia pemilihan kecamatan (PPK) Gunung Kerinci didampingi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di awasi PPKD melakukan proses coklit di rumah warga sekecamatan Gunung Kerinci. Rabu (15/2)

Ketua PPK Kecamatan Gunung Kerinci, Enicgia Shantia, M.Pd menyampaikan Pantarlih melakukan pendataan dan pencocokan kerumah warga Khususnya Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Gunung Kerinci, Dalam Coklit diketahui ada beberapa orang yang masuk dan memiliki hak pilih. Yakni kepala keluarga, istrinya, dan anaknya.

"Kami disambut baik oleh warga. Proses coklit dilakukan oleh pantarlih dengan melihat dokumen kependudukan yang dibutuhkan," katanya.


Enic menyebutkan saat ini proses coklit dilakukan serentak. Data yang harus disiapkan adalah Kartu Keluarga dan KTP Elektronik (E-KTP), lalu akan dilakukan coklit, yakni berapa anggota keluarga yang berhak menggunakan hak pilihnya, pada Pemilu 2024 mendatang. Lebih lanjut, para Pantarlih menggunakan identitas penanda khusus, yakni seragam berupa rompi, topi, tanda pengenal, dan surat keputusan.
Ditambahkan, para petugas akan menempelkan stiker di rumah warga yang telah selesai didata. Stiker ditempelkan di tempat yang mudah dilihat, seperti pintu rumah.

Ketua PPK, Enicgia menghimbau agar masyarakat menyambut baik pantarlih ketika mendatangi rumah warga. Pasalnya proses coklit ini penting dalam menyukseskan Pemilu 2024. "Berikan data yang benar. Tentu kepedulian warga ini akan mendukung pelaksanaan Pemilu agar berjalan dengan baik," katanya.

Di sisi lain, Enicgia menyampaikan agar pantarlih juga melakukan tugas sesuai dengan ketentuan yang ada. "Tentunya pantarlih ini sudah dibekali soal proses coklit. Masyarakat harus mendukung pantarlih ini dengan menyiapkan data dan lainnya," tutup Ketua PPK Enicgia. ,( ***)