Iklan

PB
Monday, May 8, 2023, May 08, 2023 WIB
Last Updated 2023-05-08T17:02:54Z
InfoJambi

PLTB Program Pemprov Jambi untuk Warga ingin membuka lahan.



JambiKabar gembira bagi warga Jambi yang ingin membuka lahan dengan cara tanpa bakar. Pasalnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi punya program pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB).


Gubernur Jambi Al Haris mengatakan Pemprov Jambi menyiapkan anggaran bagi warga yang ingin membuka lahan tanpa bakar, dengan Pemprov menyiapkan alat berat dan bibit.


“Kita punya program pembukaan lahan tanpa bakar, kami (Pemprov) siapkan dana untuk itu (Membuka lahan) tergantung nanti warga yang mengusulkan kepada kami, misalnya mereka punya lahan butuh bantuan Pemprov kita ada dananya untuk membuat lahan tanpa bakar, ada alat berat, ada bibit,” kata Al Haris usai memimpin apel siaga darurat penanganan bencana kekeringan dan Karhutla Provinsi Jambi 2023 di lapangan Korem 042/Gapu, Senin (08/05/2023).


Al Haris melanjutkan bagi warga yang ingin mendapatkan program pembukaan lahan tanpa bakar bisa membuat kelompok tani dan mengajukan kepada Pemprov Jambi (Dinas Perkebunan).


“Kita minta masyarakat bikin kelompok tani, ajukan. Jumlah anggaran tergantung luas lahan,” ujarnya.


Ini juga dibenarkan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Agusrizal. Ia mengatakan tahun ini Pemprov Jambi menyiapkan anggaran untuk program pembukaan lahan tanpa bakar untuk 396 hektar.


“Tahun ini ada program untuk 396 hektar lahan. Kelompok tani bisa mengajukan ke dinas, minimal 10 hektar lah,” ungkapnya.


“Anggaran perhektar 15-20 juta. Itu langsung di lenkliring, sudah ditanami dengan bibit. Syaratnya itu tadi diusulkan kelompok tani, lahan harus diluar kawasan, ada bukti kepemilikan lahan sertifikat atau sporadik. Nanti kami melakukan pengecekan titik koordinat apakah dikawasan atau tidak,” sebut Kadis.

Norman_nrd