Iklan

PB
Sunday, August 20, 2023, August 20, 2023 WIB
Last Updated 2023-08-20T14:10:54Z
InfoJambi

Tokoh KMJKS berterima Kasih kepada Al Haris mengangkat kembali Tradisi Pacu Perahu Tradisional



Jambi, Gubernur Jambi Al Haris membuka pacu perahu tradisional di Jambi Kota seberang. Acara pembukaan pacu perahu tradisional dalam rangka HUT RI ke-78 ini berlangsung di taman sanggar Batik, Jambi Kota Seberang, Minggu (20/08/2023) siang.


Gubernur Jambi, Al Haris sangat mengapresiasi kegiatan pacu perahu tradisional yang disebutnya tidak hanya untuk menyemarakkan HUT RI, tapi juga untuk mengangkat kembali tradisi semangat yang ada sejak dahulu tersebut.



“Ini juga semangat mencintai tradisi dan juga kita berharap menjadi semangat untuk menjadi kebersihan sungai, menumbuhkan kesadaran agar tidak membuang sampah ke sungai, tidak MCK lagi di sungai, dan tidak menebang pohon sembarangan di sungai,” kata Al Haris.


Dukungnya Al Haris terhadap terselenggaranya pacu perahu tradisional tersebut sangat diapresiasi tokoh komunitas masyarakat Jambi Kota Seberang (KMJKS), Fachrudin Razi.


Ketua KMJKS tersebut mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi Al Haris yang mendukung mengangkat kembali tradisi pacu perahu tradisional tersebut.


“Lomba pacu perahu tradisional ini sempat tidak ada dalam beberapa waktu terakhir, keinginan kami tentu ini tetap dilestarikan karena sudah ada sejak nenek moyang dahulu, kita ingin tradisi ini tetap terus dilaksanakan. Alhamdulillah Gubernur menyambut baik kegiatan ini,” kata Fachrudin Razi dalam sambutan saat pembukaan lomba Pacu Perahu Tradisional.


“Kami masyarakat seberang, terima kasih banyak ini sudah ditimbulkan lagi, pak gubernur berpesan pacu perahu tradisional ini tidak hanya dilakukan saat 17 Agustusan saja, tapi juga diselenggarakan di hari ulang tahun provinsi Jambi,” sebut Fachrudin Razi lagi.



Kegiatan lomba pacu perahu tradisional dalam rangka HUT RI ke-78 Provinsi Jambi tahun 2023 ini diikuti kurang lebih 385 orang peserta.


Ratusan peserta itu terbagi dalam dua kategori perlombaan yaitu perahu tradisional tipe A dan Tipe B.


“Tipe A sebanyak 6 perahu dan perahu tradisional tipe B sebanyak 11 perahu,” kata Syahlan Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi.


Dari 17 Tim yang mengikuti perlombaan ini ada dua utusan dari kabupaten yaitu perwakilan dari Dispora Tanjab Barat dan Kabupaten Kerinci. 

Norman_Nrd