Iklan

PB
Monday, September 4, 2023, September 04, 2023 WIB
Last Updated 2023-09-04T12:44:20Z
InfoKamparRiau

Pj Bupati Kampar Tegaskan Terkait Penanggulangan dan Pencegahan Stunting



Kampar Kiri Tengah, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE, MM di dampingi Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah S.Stp M.Si, Kadis Kominfo dan Persandian Yuricho Epril S.Stp dan Kadis Pendidikan dan Olahraga M. Aidil meminta Dinas Kesehatan, Camat dan Kepala Puskesmas agar permasalahan stunting di Kecamatan Kampar Kiri Tengah untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan laporan dari kepala puskesmas Kampar Kiri Tengah bahwa meningkatnya angka Stunting di Kampar Kiri Tengah, dengan jumlah 116 orang di tahun 2023 di mana tahun 2022 hanya 40 orang.


“Saya minta Kadis kesehatan, Camat dan Kapus untuk menjadi perhatian, lakukan aksi penanganannya dengan baik, sebab ini juga bagian prioritas untuk kita semua, target kita di tahun 2024 stunting tidak ada lagi di Kabupaten Kampar.”tegas Firdaus


Demikian ditegaskannya saat Kunjungan Kerja ke Kecamatan Kampar Kiri Tengah di Aula Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Senin, 4/9/23


Kampar  juga meminta Kepala Puskesmas terus laku koordinasi dengan kepala desa, tinjau serta lakukan pendataan dan penanggulangan dengan cepat, dengan demikian kita bisa tahu apa permasalahan yang ada di masyarakat dan dengan cepat menanggulanginya.pinta PJ Bupati Kampar 


“kita tetap terus berupaya untuk menurunkannya, dimana standar nasioanal penurunan sekitar 14%, tapi kita  sudah mencapai 11,2%. Kita berharap harus kita turunkan terus, target kita tahun 2024 stunting 0 di kabupaten kampar.”tegas Firdaus 


Kesehatan Readel Fitri saat tanya jawab memaparkan bahwa terkait laporan tersebut mengatakan hal tersebut dikarenakan Kesalahan pendataan.


Menurutnya Kecamatan Kampar Kiri Tengah di data Diskes tetap 40 orang, kita tetap fokus pada pendataan dilapangan, untuk itu kepada Kapus agar menjadi perhatian kita bersama, saling berkoordinasi.


“Inilah sebenarnya tujuan kita menghadiri setiap kunjungan kerja PJ Bupati Kampar ini, dimana kita bisa saling berkoordinasi dan meluruskan sesuatu yang salah, contohnya tentang pendataan angka stunting ini.”ujar Raedel


Selanjutnya PJ Bupati Kampar juga memaparkan Kunjungan kerja ini dalam rangka silaturahmi sekaligus menghimpun aspirasi masyarakat desa guna percepatan pembangunan di kecamatan.


Firdaus menyebutkan beberapa tugas yang diberikan kepadanya selaku PJ Bupati Kampar diantaranya permasalahan penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan atau karhutla.


“Ini harus kita antisipasi karena dampak dari karhutla ini cukup besar baik dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan, transportasi.”kata Firdaus.


Pj Bupati Kampar juga menghimbau terkait pemilu 2024 agar komit dalam  mensukseskan pemilu tahun 2024, menjaga netralitas, mendata peserta pemilih atau masyarakat sesuai aturan yang berlaku, berikan sosialisasi agar memilih atau mencoblos dan jangan sampai golput, kemudian mendukung pendistribusian kebutuhan pemilu, serta menjaga keamanan dan kelancaran pemilu 2024.


“Untuk kesuksesan pemilu 2024, Pemerintah Kabupaten Kampar akan menambah anggaran sebesar Rp.50 juta di tahun 2023 dan Rp.100 juta untuk tahun 2024 setiap kecamatan.”ujar Firdaus 


Berkaitan dengan itu pula, PJ Bupati Kampar meminta Camat untuk mendata Kades-Kades yang sudah berakhir masa jabatannya, dan nantinya akan dilakukan pengangkatan sebagai PJS.


Terkait kemiskinan ekstrem PJ Bupati Kampar meminta kepada OPD -terkait untuk mengatasi ini dengan program - program yang ada di kabupaten Kampar. 


Selanjutnya Firdaus menyampaikan Hal penting juga perlu diketahui masyarakat, bahwa pada tahun 2023 ini pemda kampar akan melaksanakan seleksi Penerimaan PPPK di kabupaten Kampar lebih kurang sebanyak 4.844 formasi. Untuk tenaga sendiri Guru sebanyak 4.482 orang, dan untuk tenaga kesehatan 215 orang, serta untuk tenaga teknis 147 orang.


Tentang kesehatan PJ Bupati Kampar menyampaikan tentang UHC (Universal Health Coverage) diharapkan per 1 Oktober 2023 sudah bisa berjalan, UHC ini yaitu pelayanan kesehatan dengan menunjukkan KTP berdomisili Kabupaten Kampar mendapat kan pelayanan kesehatan gratis dengan menujukan KTP saja.


PJ Bupati Kampar juga menghimbau agar permasalahan sampah juga menjadi perhatian kita bersama. “Saya mengingatkan agar tidak membuang sampah sembarang, dan jaga kebersihan di wilayah masing-masing.”himbau Firdaus


Sebelumnya Camat Kampar Kiri Tengah Ganda Ade Saputra S.Stp, M.Si dalam laporannya memaparkan bahwa Kecamatan Kampar Kiri Tengah terdapat 11 desa ditambah 1 desa persiapan yang mana penduduknya Heterogen
Ganda juga menyampaikan beberapa Isu terkait pembangunan sarana dan prasarana dan menjadi perhatian, Khususnya Pengaspalan jalan, jembatan dan juga pendidikan.


Ganda juga menyampaikan bahwa saat ini Kecamatan Kampar Kiri Tengah, tengah mempersiapkan lahan pembangunan untuk pembangunan polsek dan Koramil


Ganda juga mengucapkan terima kasih Kapolsek dan Danramil yang telah membantu dalam persiapan pembangunannya


Camat Kampar Kiri Tengah ini juga melaporkan bahwa saat sudah ada 1 unit mobil Pemadam kebakaran untuk membantu masyarakat.


“Baru-baru ini Kecamatan Kampar Kiri Tengah mengikuti lomba BBGRM dan mendapatkan juara 1 se-provinsi Riau”.ucap Ganda


Ganda juga melaporkan guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Kecamatan Kampar Kiri Tengah akan melakukan pelayanan digitalisasi pelayanan.


Turut hadir Kadis Perkim,  Kadis Perkebunan dan Peternakan Ali Sabri, Kadis Pertania dan PTH Nur ilahi, Kadis Perikanan Zulfahmi, Ka.Sat Pol PP Erizon, Kadis PMD Lukman Sabadoe, Kadis Dukcapil Muslim, Kadis Ketahanan pangan kabupaten Kampar Muhammad, Anggota DPRD Kampar Suhardi SP, Forkipimcam, Kepala Sekolah se-kecamatan Kampar Kiri Tengah Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Ninik Mamak. 

(Romi/diskominfo)