Iklan

PB
Tuesday, January 24, 2023, January 24, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-25T07:19:23Z
InfoPekanbaruPendidikanRiau

Pekanbaru Raya Biologi 2023 Resmi dibuka


Pekanbaru, Demi mengikuti perkembangan industri yang sudah memasuki era revolusi 5.0, kita perlu meningkatkan sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan, penguasaan soft skill dan kemampuan yang bersifat afektif melalui kegiatan yang dapat mengasah kemampuan tersebut.        


Pekan Raya Biologi 2023 hadir memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas generasi muda dalam mengikuti perkembangan industri dengan menyediakan sebuah kompetisi akademik bergengsi yang relevan dengan tema “Ciptakan Saintis Kreatif, Produktif, dan Inovatif di Era Society 5.0 melalui Pekan Raya Biologi 2023” dan telah resmi dibuka, Senin (23/1/2023). 


Acara Pekan Raya Biologi tahun ini dibuka dengan tarian persembahan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh koordinator program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau Dr. Sri Wulandari, M. Si. Kemudian acara resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Drs. H. Pahmijan, M. Pd. “Dengan adanya Pekan Raya Biologi 2023 ini saya berharap semoga peserta dapat bersemangat mengikuti perlombaan secara kompetitif guna meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas di masa mendatang untuk memasuki perkembangan revolusi 5.0” jelas Dr. Sri Wulandari, M. Si dalam sambutannya. 


Pekan Raya Biologi 2023 sendiri diikuti oleh 990 peserta Se-Riau, Kepulauan Riau dan Nasional. 
Cabang lomba yang disajikan PRB tahun ini antara lain satu cabang lomba yang dapat diikuti oleh peserta dari SMA Se-Sumatra, yaitu Lomba Karya Tulis Remaja dan dua cabang lomba yang dapat diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Fotografi Nasional. Serta juga ada tujuh cabang lomba yang dapat diikuti oleh peserta SMP-SMA Se-Riau dan Kepulauan Riau, yaitu : 
Uji Kompetensi Tertulis, Cepat Tepat, Uji Kompetensi Laboratorium, Bio Expo School Competition, Fotografi SMP/SMA dan Desain Poster. Selain berbagai cabang perlombaan yang telah disebutkan juga terdapat Seminar Pendidikan dengan tema “Transformasi Pendidikan Abad 21 Menuju Era Society 5.0” dengan tujuan dapat memberikan ilmu baru yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan Keymot Speaker Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. 


Pembukaan yang diselenggarakan secara full offline berjalan dengan lancar dan meriah dengan dihadiri langsung oleh para peserta dari berbagai cabang lomba.