Iklan

PB
Tuesday, February 28, 2023, February 28, 2023 WIB
Last Updated 2023-02-28T14:06:47Z
BatamInfoKepriPeristiwa

Legenda Malaka Banjir Diduga Akibat Kontraktor Pelebaran Jalan Sudirman Timbun Drainase Saluran Air


Batam. Curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir diperumahan Legenda Malaka, ditambah lagi proyek pelebaran jalan Sudirman serta saluran air yang berada diantara Perumahan Duta Mas dan Legenda Bali ditimbun oleh pelaksana proyek dan terjadi penyempitan saluran pembuangan air sehingga menyebabkan banjir semakin besar. Selasa (28/02/2023)


Ketua RT, RW dan Warga Legenda Malaka mengeluhkan dengan adanya proyek pelebaran jalan Sudirman dari simpang Kabil ke arah Punggur menyebabkan banjir tinggi di Perumahan Legenda Malaka, hal itu disebabkan drainase penampung air hujan ditutup oleh kontraktor pelaksana proyek pelebaran jalan Sudirman.



Toto Arpandi Ketua RW. 03 Perumahan Legenda Malaka Kelurahan Baloi Permai Kecamatan Batam Kota menyebutkan kepada wartawan.


"Semenjak drainase saluran air di diperumahan Legenda Malaka ditimbun oleh kontraktor pelaksana proyek, menyebabkan terjadinya penyempitan saluran air sehingga meluapnya air ke arah Perumahan Legenda Malaka dan Legenda Bali, menjadikan banjir sepinggang orang dewasa." Sebut Toto Arpandi kepada media ini.



Ketua RT/RW serta Warga setempat meminta kepada kontraktor pelaksana proyek pelebaran jalan Sudirman, agar mengadakan pertemuan dengan warga Legenda Malaka untuk mengantisipasi terjadinya banjir besar selama pelaksanaan proyek.


Ditegaskan oleh warga, permintaan pembangunan bak kontrol dari Perumahan Legenda Bali dan Duta Mas agar saluran air bisa berjalan normal tidak menyebabkan banjir.


Salah seorang warga yang biasa dipanggil "Ibu Meta" yang bermukim di Blok D7 No. 6 menyebutkan.



"Perlu ditegaskan, warga tidak berniat menghambat proyek pelebaran jalan, tapi mohon kepada pihak kontraktor lakukan sosialisasi dengan warga biar tau apa dampak buat warga yang ada diperumahan Legenda Malaka  dan sekitarnya akibat ditimbunnya saluran air." Sebut Ibu Meta.


"Maka hal itu menimbulkan kerugian besar bagi warga karena terjadinya luapan air dan banjir akibat tertutupnya saluran pembuangan air diperumahan Legenda Malaka dan sekitarnya." Ucap Ibu Meta menambahkan.


Warga Perumahan Legenda Malaka berharap kepada Pemerintah Daerah terutama Lurah Baloi Permai untuk mempasilitasi pertemuan warga dengan kontraktor agar permasalahan warga bisa cepat teratasi, mengingat saat ini curah hujan dibatam sangat tinggi agar warga tidak mengalami kerugian yang sangat besar akibat ditutupnya drainase saluran pembuangan dan penampung air hujan. (Endra & Septianti S.IP)